PMI Siapkan Hagglunds ke Lokasi Longsor

PMI Siapkan Hagglunds ke Lokasi Longsor
PMI Siapkan Hagglunds ke Lokasi Longsor

jpnn.com - JAKARTA - Dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK) menginstruksi PMI agar mengirim dua kendaraan jenis Hagglunds ke lokasi longsor.

”Pengalaman di Ciwidey (Jabar) dan Solok (Sumbar), hanya kendaraan sejenis Hagglunds milik PMI yang bisa masuk lokasi tanah longsor,” ujarnya, Sabtu (13/12).

Hagglunds adalah kendaraan jenis amfibi yang biasa digunakan kalangan militer. Dengan roda rantai seperti kendaraan tank, Hagglunds memang bisa menembus medan-medan superberat seperti rawa, lumpur, perbukitan, dan salju.

Menurut JK, PMI juga sudah mengantisipasi rusaknya sumber-sumber pasokan air bersih seperti sumur dan pipa air. Karena itu, PMI juga mengirim dua truk tangki air untuk menyuplai air bersih bagi korban longsor.

”Relawan PMI yang tergabung dalam Satgana (Satuan Tugas Penanggulangan Bencana) juga sudah bergabung di lokasi,” katanya.

JK mengatakan, dirinya sudah meminta Ketua PMI Jawa Tengah Sasongko Tedjo untuk mengirim barang-barang kebutuhan korban longsor dari gudang PMI di Semarang. Mulai paket hygiene kit (berisi ember, gayung, sabun, dan pasta gigi) sampai paket family kit (berisi selimut, handuk, sarung, dan tikar). ”Termasuk paket perlengkapan bayi,” ucapnya. (owi/c10/kim)


JAKARTA - Dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK) menginstruksi PMI agar mengirim dua kendaraan jenis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News