Jelang Kedatangan Jokowi, Pengamanan Bandara Diperketat

Jelang Kedatangan Jokowi, Pengamanan Bandara Diperketat
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SENTANI - Pengamanan kawasan  Bandara Sentani menjelang Natal dan Tahun Baru memang sudah rutin ditingkatkan.

Namun terkait rencana kedatangan Presiden Joko Widodo, maka pengamanan Bandara Sentani bakal ekstra ketat.  Peningkatan pengamanan mulai dilakukan pekan ini.
 
Pasalnya, selain rencana menghadiri perayaan natal nasional yang dipusatkan di lapangan Papua Bangkit Lanud Jayapura di Sentani, 27 Desember nanti, Jokowi kabarnya juga akan melakukan kunjungan ke Wamena Kabupaten Jayapura.  

Dalam lawatannya itu, Jokowi akan didampingi oleh Istri dan jajaran menteri yang turut mengikuti perayaan Natal Nasional di Provinsi Papua.
 
 Rencananya, sehari sebelum mengikuti perayaan Natal Nasional, tepatnya tanggal 26 Desember Jokowi akan ke Wamena  dalam rangka kunjungan kerjanya di Papua.

Kapolsek Kawasan Bandara Sentani, Iptu Jubelina Wally,SH.MH menegaskan kalau pengamanan akan diperketat dalam minggu – minggu ini di Bandara sampai kedatangan Presiden Jokowi itu.
 
“Kami akan perketat pengamanan dari saat ini hingga kedatangan Jokowi. Apalagi, kami juga telah diminta oleh panitia Natal Nasional untuk membantu pengamanan di  Bandara. Ya, kami tentunya siap untuk mengamankan kedatangan Presiden,” ucapnya kepada Cenderawasih Pos (Grup JPNN).

Diakui bahwa  arus penumpang dan penerbangan akan sangat padat di Bandara Sentani menjelang Natal dan Tahun baru ini, termasuk dari  Kabupaten – Kabupaten di Papua yang akan mengikuti Natal Nasional bersama Presiden Jokowi di Sentani sehingga, pengamanan seperti biasa harus ditingkatkan.
 
“Sangat – sangat padat, makanya  walaupun kami tidak diminta tetap akan kami lakukan pengamanan ekstra. Karena gesekan – gesekan pasti akan terjadi sehingga untuk meminimalisir ketegangan maka perlu  pengamanan dan pelayanan yang ekstra,” tegasnya.
    
Sementara itu, Kepala Bandara Udara Klas 1 Khusus Sentani, Herson,SH mengaku belum mengetahui pastik rencana kedatantan Presiden Jokowi tersebut.

“Kami belum dapat berita mengenai kedatangan Presiden yang pasti ke Jayapura. Untuk berita penerbangan kami belum ada, biasanya memang kalau sudah pasti kita dapat berita,” kata Herson saat dihubungi  Cenderawasih Pos siang kemarin, Minggu (14/12)
 
Harson juga memastikan pihaknya akan melakukan tugas sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada sesuai dengan aturan penerbangan Internasional.  “Protap kedatangan hingga keberangkatan telah disesuaikan dengan standar operasinaso prosedur (SOP) kebandarudaraan Internasional.” paparnya.
 
Apalagi, kata Herson, Jokowi ini jarang sekali menggunakan fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemerintah kepada tamu – tamu negara. Namun lebih banyak menggunakan fasilitas umum seperti penumpang pada umumnya.
 
“Kita sesuaikan dengan prosedur yang ada tapi kan, bapak Presiden kita yang saat ini, fasilitas sudah kita siapkan tiba – tiba beliau ini langsung menggunakan fasilitas umum,” bilangnya.
   
Biasanya, ketika Presiden sudah mau datang Pasukan Penjaga Presiden (Papanpres) duluan datang dan melakukan koordinasi dengan pihaknya untuk prosedur pengamanan seperti apa yang harus dilakukan.
 
“Sebelum hari H, biasanya tim Paspampres datang dan mendekati kita, untuk penanganan seperti apa, kemudian kalau melalui fasilitas umum, penanganannya seperti apa nanti juga kita koordinasikan dengan tim pantia yang ada,” tuturnya. (yud/tri)


SENTANI - Pengamanan kawasan  Bandara Sentani menjelang Natal dan Tahun Baru memang sudah rutin ditingkatkan. Namun terkait rencana kedatangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News