Kutuk Rasisme AS, Massa Turun Lagi

Kutuk Rasisme AS, Massa Turun Lagi
MANA KEADILAN: Seruan demonstran di Manhattan, New York, Sabtu (13/12). Mereka menuntut penghapusan rasialisme. Foto: John Minchillo/AP

jpnn.com - NEW YORK – Massa kembali memblokade jalanan New York dan Washington D.C. pada Sabtu (13/12). Total ada lebih dari 50 ribu demonstran yang turun ke jalan New York dan 5 ribu orang di Washington. Akibatnya, jalan di Manhattan, New York, dan Pennsylvania Avenue, Washington, tidak bisa dilalui.

 

Tuntutan mereka sama dengan sebelumnya. Mereka ingin keadilan ditegakkan bagi polisi kulit putih yang telah menembak mati beberapa warga kulit hitam yang tidak bersenjata.

’’Saya berada di sini bukan hanya untuk Eric Garner, tapi juga buat anak perempuan, laki-laki, sepupu, keponakan, ayah, dan ibu semua orang,’’ ujar Esaw Garner, istri mendiang Eric Garner.

Garner, 43, tewas karena sulit bernapas dan asmanya kambuh setelah dipiting Daniel Pantaleo, polisi, pada 17 Juli lalu. Saat itu Garner dituding menjual rokok tanpa cukai. Publik berang setelah grand jury memutuskan Pantaleo tidak bersalah.

Massa yang turun ke jalan Sabtu petang lalu tidak hanya berasal dari warga kulit hitam. Banyak juga warga kulit putih atau ras lain. Mayoritas adalah keluarga, anak-anak, orang tua, dan kenalan beberapa warga kulit hitam yang menjadi korban polisi.

Ibu Eric Garner, Gwen Carr, menyatakan bahwa mereka bakal terus beraksi sampai pemerintah merespons tuntutan mereka. ’’Ini adalah waktunya menorehkan sejarah. Kami akan datang ke sini sesering yang diperlukan,’’ tegas Carr di hadapan massa yang berdiri di depan gedung Capitol.

Menjelang malam, massa juga memadati Jembatan Brooklyn sehingga masyarakat tidak bisa lewat. Di jembatan itu, sempat terjadi kericuhan. Beberapa kelompok orang melemparkan kaleng kepada polisi yang berjaga. Dua polisi yang berusaha menghentikan aksi tersebut diserang. Mereka menderita luka-luka. Namun, para tukang kisruh itu berhasil melarikan diri.

NEW YORK – Massa kembali memblokade jalanan New York dan Washington D.C. pada Sabtu (13/12). Total ada lebih dari 50 ribu demonstran yang turun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News