Soraya Haque: Anak Tanya Seks, Ibu Jangan Risih

Soraya Haque: Anak Tanya Seks, Ibu Jangan Risih
Soraya Haque didampingi Indah Nova Ayu dan Ustad Syaukani Ong Mubaligh saat menjadi pembicara talk show Sabtu (13/12). Foto: Farid S. Maulana/ Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Kemajuan peradaban dan pengetahuan menuntut para orang tua untuk lebih bijak dalam mendidik anak-anak mereka. Tak sekadar mengasuh, orang tua juga dituntut lebih pintar dan terbuka atas semua permasalahan tentang anak. Baik masalah seks, percintaan, maupun keagamaan.

Itu diungkapkan Soraya Haque saat menjadi pembicara dalam Milad Kedua Hijabers Mom Community (HMC) Surabaya di Surabaya Sabtu (13/12). Dalam event bertema My Mom, My Best Friend tersebut, orang tua, khususnya ibu, kata Soraya, harus membuka mata dan telinga tentang segala permasalahan yang dihadapi anak saat ini.

"Bukan hanya berpangku tangan melihat anaknya tumbuh dewasa dan tidak memedulikan perkembangan pergaulan mereka," ungkap istri musisi Ekki Soekarno itu.

Bersama ustad Syaukani Ong Mubaligh dan moderator yang juga anggota HMC, Indah Nova Ayu, Soraya menjelaskan pengalamannya membesarkan ketiga anaknya dengan didikan saling terbuka dalam segala hal.

"Saya mencoba menjawab segala sesuatu yang ditanyakan oleh anak saya dengan logika. Saya juga terus mencari tahu dan belajar tentang kehidupan anak muda zaman sekarang," papar perempuan yang juga berprofesi dosen salah satu universitas di Jakarta itu.

Perempuan yang mengawali karir sebagai seorang modeling tersebut menambahkan, seorang ibu tidak perlu merasa risi atau takut menjelaskan segala sesuatu kepada anak.

"Terutama juga mereka bertanya seks atau obat-obatan. Coba terbuka. Jawab pertanyaan mereka dengan logika. Mana sesuatu yang dilarang, mana sesuatu yang baik untuk dijalankan," terangnya.

Lita Berlianti, ketua panitia Milad Kedua HMC, menjelaskan, tema My Mom, My Best Friend dipilih karena menjelang Hari Ibu dan mayoritas anggota HMC adalah ibu-ibu yang sudah mempunyai anak. (rid/c19/tia)


SURABAYA – Kemajuan peradaban dan pengetahuan menuntut para orang tua untuk lebih bijak dalam mendidik anak-anak mereka. Tak sekadar mengasuh,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News