Aher Minta Tol Bocimi Mulai Dibangun Januari Nanti

Aher Minta Tol Bocimi Mulai Dibangun Januari Nanti
Aher Minta Tol Bocimi Mulai Dibangun Januari Nanti

jpnn.com - SUKABUMI - Kendati pembebasan lahan belum tuntas, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bisa dimulai awal tahun 2015. Dengan memulai pekerjaan ground breaking di sesi satu yakni Ciawi - Cigombong.

Kepada wartawan, Gubernur dua periode ini mengatakan pembebasan lahan saat ini hampir tuntas. Targetnya tahun 2015 mendatang seluruh lahan yang dijadikan area pembangunan tol selesai dibebaskan.

"Tinggal 20-30 persen lagi, mudah-mudahan bisa tuntas akhir tahun ini," ujar Aher di Balaikota Sukabumi, kemarin (14/12).

Kalau pun akhir tahun tidak selesai, lanjut Aher, pembangunan harus segera dilakukan. Apalagi, salah satu hal yang menjadi kendala pembebasan lahan adalah masih ragunya masyarakat akan keberlangsungan proyek tersebut.

"Kalau sudah dimulai pengerjaannya, kita harapkan masyarakat ikut mendukung dan pembebasan pun tuntas," kata dia.

Saat ini, pembebasan lahan masih berada di Kabupaten Bogor, tepatnya di daerah Lido. Sementara persoalan harga masih menjadi kendala meskipun Aher tidak menyebutkan besaran harga tersebut.

"Intinya ada kendala di pembebasan, tapi kami harap itu segera selesai. Di sesi satu kan tinggal sedikit. Tahun depan ground breaking sesi satu dimulai dari Ciawi sampai Cigombong," tutur Aher.

Sebelumnya, kelanjutan Tol Bocimi juga menjadi sorotan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia. Menurutnya, DPR RI sudah mendukung kelanjutan pembangunan dengan mengeluarkan regulasi yang memungkinkan pembangunan tol bisa dimulai, jika pembebasan lahan minimal sudah dilakukan 50 persen.

SUKABUMI - Kendati pembebasan lahan belum tuntas, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News