Dorong Bupati Tegal Perhatikan Nasib Warganya yang Jadi TKI

Dorong Bupati Tegal Perhatikan Nasib Warganya yang Jadi TKI
Dorong Bupati Tegal Perhatikan Nasib Warganya yang Jadi TKI

jpnn.com - JAKARTA - Forum Solidaritas Pekerja Indonesia Luar Negeri (FSPILN) mendorong Bupati Tegal, Entus Susmono untuk lebih memperhatikan warganya yang menjadi TKI di luar negeri. Pasalnya, saat ini ada banyak TKI asal Tegal yang kurang mendapat perhatian pemerintah. Contohnya, 20 orang anak buah kapal (ABK) asal Tegal yang bekerja di perairan Trinidad & Tobago.

"Terdapat 20 ABK Tegal yang sudah 2-4 tahun bekerja di Tobago & Trinidad yang sampai sekarang gajinya tidak dibayarkan. Pemerintah juga enggak peduli," ujar juru bicara FSPILN, Imam Syafii melalui keterangan pers, Senin (15/12).

Imam menuturkan, ratusan ABK yang ada saat ini terus memperjuangkan haknya ke berbagai instansi pemerintah, seperti BNP2TKI, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Tim Pengawas TKI DPR RI, Ombudsman RI, Komnas HAM, bahkan Kompolnas.

"Namun pihak yang kita temui sampai sekarang belum menunjukkan keseriusan untuk selesaikan masalah ABK," ujarnya.

Menurut Imam, aspek perlindungan TKI sangat mendesak dilakukan. Banyaknya kasus seperti penyiksaan, pembunuhan, tidak dibayarkan gaji TKI dan lain-lainya, jadi bukti. Karena masih lemahnya perlindungan TKI, lanjut Imam, FSPILN bersama beberapa akademisi Fakultas Hukum, saat ini sedang menyusun Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Perlindungan TKI. Dalam waktu dekat, FSPILN berencana menemui bupati Tegal untuk menyerahkan naskah akademik tersebut.

"Kami berharap pak Entus meluangkan waktu untuk berdialog dengan kami, sehingga ada niat untuk menyusun Raperda Perlindungan TKI di Tegal," ucap Imam. (dil/jpnn)


JAKARTA - Forum Solidaritas Pekerja Indonesia Luar Negeri (FSPILN) mendorong Bupati Tegal, Entus Susmono untuk lebih memperhatikan warganya yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News