Kayla dan Sulton, Kakak-Adik Penderita Talasemia Mayor

Limpa Membengkak, Seumur Hidup Transfusi Darah

Kayla dan Sulton, Kakak-Adik Penderita Talasemia Mayor
SENYUM SEMANGAT : Kayla In’ami Nashiro (kanan) dan Ahmad Sulton Almusyafa. Foto: Septinda Ayu Pramitasari/Jawa Pos

jpnn.com - BU, nanti kalau sudah besar saya penginjadi dokter,’’ ungkap Kayla In’ami Nashiro kepada ibunya, Wahyu Asih Setyowati. Kalimat itu seperti celetukan biasa yang disampaikan seorang anak ketika ditanya cita-cita saat dewasa kelak. Namun, bagi Kayla, itu adalah sebuah keseriusan. Menjadi seorang dokter adalah impiannya.

Sang ibu pun memeluk tubuh mungil Kayla sambil mengelus lembut kepalanya. Pelukan tersebut dilakukan untuk meyakinkan bahwa impian itu kelak bisa terwujud. ’’Iya, Nak. Kenapa Kayla pengin jadi dokter?’’ tanya ibu.

Kayla tersenyum. Dia mengatakan bahwa cita-citanya muncul lantaran hampir tiap bulan dirinya bertemu dengan dokter RSUD dr Soetomo. ’’Kayla kan sakit. Kayla pengin sembuh,’’ jawab Kayla. Ucapan gadis berusia 7 tahun itu seketika diamini ibunya.

Duduk di pangkuan Wahyu, Kayla membuka kembali pelajaran yang telah disampaikan gurunya di sekolah. Ya, Kayla adalah siswi kelas I SD di Surabaya Utara. Dia memang memiliki kebiasaan mempelajari materi-materi pelajaran yang didapat di sekolah atau sekadar bermanja-manja dengan sang ibu. Wajar, ibu Kayla adalah seorang guru privat paro waktu. Karena itu, saat senggang, belajar adalah hiburan yang menarik bagi keluarga tersebut.

Sejatinya, Kayla, si kecil dengan semangat besar itu, adalah penderita talasemia mayor. Itu adalah jenis talasemia paling parah. Sebab, penderita penyakit tersebut harus menjalani transfusi darah rutin seumur hidup. Hemoglobin dalam tubuh mereka tidak mencukupi.

Di keluarga itu, bukan cuma Kayla yang menyandang talasemia. Adiknya, Ahmad Sulton Almusyofa, idem ditto. Mereka diketahui menderita talasemia pada 2011.

Saat itu Wahyu masih tidak tahu talasemia. Dia bercerita, Kayla saat berumur 2 tahun kerap mengalami radang tenggorokan dan infeksi saluran kencing. Ketika Kayla diperiksa di RS Haji Surabaya, dokter memvonisnya menderita tuberkulosis (TBC). Kayla pun harus menjalani pengobatan rutin selama enam bulan hingga penyakit tersebut sembuh.

’’Setelah itu, kondisinya membaik. Saya tenang,’’ ujarnya. Setelah itu, tidak ada gejala-gejala lain pada tubuh Kayla. Wahyu pun menganggap Kayla sehat seperti anak-anak normal lain.

“BU, nanti kalau sudah besar saya penginjadi dokter,’’ ungkap Kayla In’ami Nashiro kepada ibunya, Wahyu Asih Setyowati. Kalimat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News