Siapkan 780 Ton Beras Premium untuk Jatim

Siapkan 780 Ton Beras Premium untuk Jatim
Siapkan 780 Ton Beras Premium untuk Jatim

jpnn.com - SURABAYA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim bekerja sama dengan Bulog Divre Jatim menggelar operasi pasar bantuan ongkos angkut. Dalam operasi pasar yang dilaksanakan sebelum hari Natal dan Tahun Baru tersebut salah satu komoditas yang disubsidi ialah beras premium dengan total volume yang disiapkan 780 ton.

Kepala Bulog Divre Jatim Witono mengatakan kenaikan harga beras premium di pasaran terbilang tinggi. Dicontohkan, seperti di pasar Bendul Merisi surabaya ada kenaikan hingga Rp 500 per kg. Padahal kebutuhan masyarakat terhadap beras premium tinggi. Makanya, beras premium masuk jadi salah satu komoditas dalam operasi pasar yang digelar mendatang.

"Rencananya pada operasi pasar yang dimulai 18 Desember nanti, kami menyiapkan sebanyak 780 ton beras premium. Kemudian komoditas lain untuk gula pasir dan tepung terigu masing-masing 780 ton serta minyak goreng 780 ribu liter," kata Witono Selasa (16/12).

Kegiatan operasi pasar tersebut berlangsung selama dua kali. Yakni 18-24 Desember dan 29-31 Desember 2014.

Menurut dia, harga yang dipatok untuk operasi pasar jauh lebih rendah timbang harga pasaran. Antara lain untuk beras premium seharga Rp 8.600 per kg, gula pasir Rp 8.500 per kg, minyak goreng Rp 9.700 per liter dan terigu Rp 7.000 per kg.

"Besaran bantuan ongkos angkut tiap komoditas berbeda. Tertinggi minyak goreng yang per liter mencapai Rp 2.000. Sedangkan untuk beras premium Rp 250 per kg, gula pasir Rp 750 per kg dan terigu Rp 500 per kg," terang dia.

Dalam pelaksanaannya, operasi pasar berlangsung di 78 titik di 38 kota/kabupaten. Tiap kota dan kabupaten terdapat dua titik, kecuali di Surabaya yang sebanyak empat titik antara lain di pasar Soponyono, pasar Wonokromo, pasar Pucang dan pasar Tambahrejo.

Sebelumnya, pada Oktober lalu Bulog juga sempat menggelar operasi pasar untuk menyikapi kenaikan harga BBM. Operasi pasar diadakan di 13 Sub Divre Bulog di Jatim, beberapa di antaranya Malang, Jember, Probolinggo, Banyuwangi, Bojonegoro, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Madiun, Ponorogo dan Kediri.

SURABAYA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim bekerja sama dengan Bulog Divre Jatim menggelar operasi pasar bantuan ongkos angkut. Dalam operasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News