Anggap Jokowi Bingung Sendiri soal Poros Maritim

Anggap Jokowi Bingung Sendiri soal Poros Maritim
Anggap Jokowi Bingung Sendiri soal Poros Maritim

jpnn.com - JAKARTA - Mantan anggota DPR RI, Engelina Pattiasina menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) justru kebingungan dalam menerapkan konsep poros maritim. Menurut Engelina, kebijakan penenggelaman kapal ikan asing pencuri ikan justru tidak ada kaitannya dengan poros maritim.

"Menenggelamkan kapal itu itu hanya pernak-pernik. Banyak hal lain yang lebih penting dan strategis harus dilakukan kalau ingin Indonesia eksis sebagai negara maritim," kata Engelina, Rabu (17/12).

Bekas calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang gagal lolos menjadi senator itu menduga Jokowi masih kebingungan menentukan prioritas untuk membangun poros maritim. Hanya saja, kata Engelina menambahkan, opini yang terbentuk memang menempatkan penenggelaman kapal nelayan asing sebagai bagian dari upaya membangung posor maritim.

“Opini yang dibangun, menenggelamkan perahu nelayan asing itu sebagai eksistensi dari poros maritim. Saya pikir itu keliru," ujarnya.

Selain itu, Engelina juga mempertanyakan adanya infromasi yang menyebut pemerintah melalui PT Pelindo II sudah memesan sekitar 500 unit kapal besar dari Tiongkok dengan masa kontrak 70 tahun. Padahal, harusnya yang diperkuat justru produksi kapal dalam negeri untuk mengisi jalur-jalur kecil untuk menumbuhkan perekonomian rakyat.

"Menenggelamkan kapal dan membeli kapal-kapal besar indikasi bahwa pemerintah belum dapat gambaran implementasi dari poros maritim. Tidak nyambung. Poros maritim visinya membangun kemandirian, tapi diterjemahkan menjadi impor kapal-kapal besar sehingga ketergantungan bangsa ini terhadap asing semakin tinggi," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Mantan anggota DPR RI, Engelina Pattiasina menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) justru kebingungan dalam menerapkan konsep poros maritim.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News