OJK Dorong Wanita dan UMKM Melek Keuangan

OJK Dorong Wanita dan UMKM Melek Keuangan
OJK Dorong Wanita dan UMKM Melek Keuangan

jpnn.com - JAKARTA - Wanita khususnya ibu rumah tangga berperan utama dalam pengelolaan keuangan keluarga termasuk menentukan pendidikan anak-anaknya.

Namun sayangnya, hanya 18,84 persen wanita di Indonesia yang sudah memiliki pengetahuan yang memadai mengenai lembaga keuangan beserta produk dan jasanya (‘melek keuangan’).

Angka tersebut masih didominasi oleh pekerja formal sedangkan untuk kalangan ibu rumah tangga hanya 2,18 persen.

Angka ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap 8.000 responden pada tahun 2013 lalu di 20 provinsi.

Hasil survei juga menyebutkan tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap keuangan baru mencapai 21,8% dan tingkat utilisasi (penggunaan produk dan jasa keuangan) sebesar 59,7%. Adapun untuk  ibu rumah tangga yang sudah menggunakan produk dan jasa keuangan masih terhitung rendah sebesar 3,37%.

Apabila dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) per 2010 menyebutkan bahwa jumlah penduduk perempuan sebanyak 118 juta jiwa atau sekitar 49,66% dari total penduduk Indonesia. Dari 118 juta wanita, sebanyak 74 juta merupakan ibu rumah tangga.

"Dengan jumlah ibu rumah tangga yang demikian banyak, sedangkan tingkat literasi keuangan yang masih rendah inilah yang mendorong OJK untuk melakukan edukasi dan sosialisasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan bagi wanita dan ibu rumah tangga,” kata Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) PKR 2014, Agus Sugiarto, di Jakarta,  Rabu (17/12).

 “Salah satu fokus utama program edukasi dan sosialiasi di tahun 2014 adalah menyasar wanita dan juga pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kedua kalangan itu merupakan bagian dari enam segmen yang disasar OJK selain pelajar, mahasiswa, karyawan atau profesi, dan pensiunan untuk periode 2014 – 2018,” papar Agus.

JAKARTA - Wanita khususnya ibu rumah tangga berperan utama dalam pengelolaan keuangan keluarga termasuk menentukan pendidikan anak-anaknya. Namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News