Tiga Tebing Longsor, Enam Rumah Rusak

Tiga Tebing Longsor, Enam Rumah Rusak
GOTONG ROYONG: Personel TNI dan warga membersihkan tebing yang longsor di Mojo, Kediri (17/12). Foto: Jawa Pos Radar Kediri

jpnn.com - KEDIRI – Curah hujan tinggi selama dua hari memicu longsor di wilayah Kabupaten Kediri. Di Dusun Jeti, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, sedikitnya enam rumah rusak karena dihantam longsoran tanah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Dari informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kediri, longsor pertama terjadi pukul 16.00 pada Senin (15/12). Saat itu tebing yang longsor menimpa rumah Ali Basori, 37, dan Giat, 45. Dinding rumah Basori hingga bagian ruang tamu jebol. Kondisi Giat sedikit lebih baik. Material longsoran hanya menerjang bagian dapur rumahnya.

Longsor kedua terjadi pada Selasa (16/12) sekitar pukul 17.00. Kali ini titik longsor lebih banyak dibandingkan dengan sehari sebelumnya. Longsoran tanah menerjang rumah Antoro, 28; Agus, 35; Katomo, 44; dan Saruni, 50. Rata-rata rumah warga itu rusak di bagian dapur dan kamar di dekat dinding tebing.

Bukan hanya itu, hujan yang turun sejak pukul 14.00 pada Selasa lalu tersebut juga mengakibatkan longsor tiga tebing di tepi jalan. Akibatnya, akses jalan di dusun itu sempat terputus karena tertutup material longsor.

Basori menyatakan, saat longsor terjadi, dirinya sedang berada di teras rumah bersama istrinya, Rusmi. Tanpa ada tanda-tanda, tiba-tiba terdengar suara brukkkk di belakang rumahnya. Seketika itu juga dinding rumah Basori langsung jebol tertimbun tanah dan pohon. ’’Melihat kejadian itu, saya langsung lari. Takut ada longsor susulan,’’ katanya, Rabu (17/12).Bersama istri dan Yoga, anaknya, Basori lalu berlindung dan mencari tempat yang aman di rumah tetangganya. Setelah tidak terjadi longsor, dia baru kembali ke rumahnya.

Berbeda dengan Basori, Agus tidak berada di rumah saat longsor menghantam rumahnya. Namun, sejak Senin Agus khawatir dengan kondisi tanah dan tebing di belakang rumahnya. ’’Sudah retak-retak,’’ ujarnya.

Benar saja, tanah tersebut akhirnya longsor dan mengenai dinding kamar rumahnya. Beruntung, saat longsor terjadi, istrinya, Hartatik, 36, dan anaknya, Adi, 10, berada di depan rumah. ’’Alhamdulillah, mereka selamat. Saya baru tahu setelah pulang pas magrib,’’ tuturnya.

Kemarin pagi warga bergotong-royong membersihkan puing-puing. Terutama yang menutup akses jalan. Mereka dibantu personel TNI, aparat Polsek Mojo, perangkat desa dan kecamatan, serta tim taruna siaga bencana (tagana).

KEDIRI – Curah hujan tinggi selama dua hari memicu longsor di wilayah Kabupaten Kediri. Di Dusun Jeti, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, sedikitnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News