Libur Akhir Tahun, 28 Desember Paling Padat

Libur Akhir Tahun, 28 Desember Paling Padat
Stasiun masih sepi, diperkirakan meningkat mendekati akhir tahun. Foto: Puguh Sujiatmiko/dok. Jawa Pos

jpnn.com - TAMAN SARI – Jumlah penumpang kereta api (KA) pada libur Natal dan Tahun Baru 2015 diprediksi meningkat.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memperkirakan, jumlah penumpang pada akhir tahun ini mencapai 473.524 orang. Angka itu jauh melebihi jumlah penumpang pada tahun lalu.

Berdasar data PT KAI Daop 1 Jakarta, jumlah penumpang pada libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 sebanyak 453.711 orang. Artinya, PT KAI memprediksi terjadi kenaikan 19.813 penumpang.

’’Jika dibandingkan dengan akhir tahun lalu, kami perkirakan jumlah penumpang akhir tahun ini naik 4 persen,” ungkap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Agus Komarudin kepada wartawan, Rabu (17/12). Agus mengklaim, kenaikan tersebut disebabkan berbagai pembenahan yang dilakukan PT KAI.

Sesuai dengan jadwal, seluruh penumpang diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota, Senen, dan Gambir mulai besok (19/12). Mereka akan diangkut menggunakan 55 KA regular dan 7 KA tambahan. PT KAI Daop 1 Jakarta memprediksi, jumlah rata-rata penumpang KA yang berangkat dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sebanyak 29.874 orang per hari.

Sementara itu, puncak angkutan libur panjang akhir tahun ini diperkirakan terjadi pada 28 Desember. ”Jumlah penumpangnya bisa lebih dari 30 ribu orang,” ujar Agus.

Itu bisa dilihat dari data pembelian tiket penumpang yang masuk. Lebih lanjut dia menjelaskan, 9.900 penumpang bakal diberangkatkan menggunakan KA kelas eksekutif, kelas bisnis (5.440 penumpang), dan kelas ekonomi (16.000 penumpang).

Agus menyebutkan, banyak penumpang yang semula memesan tiket untuk keberangkatan pada 23–26 Desember, namun mengundurkan jadwal menjadi 28 Desember. Selain itu, 28 Desember bertepatan dengan musim libur sekolah. ”Karena itu, kami akan bekerja sama dengan Polri untuk memastikan keamanan semua penumpang,” jelasnya.

TAMAN SARI – Jumlah penumpang kereta api (KA) pada libur Natal dan Tahun Baru 2015 diprediksi meningkat. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News