Harapkan Pengganti Arief Yahya Dipilih dari Internal Telkom

Harapkan Pengganti Arief Yahya Dipilih dari Internal Telkom
Harapkan Pengganti Arief Yahya Dipilih dari Internal Telkom

jpnn.com - JAKARTA - Posisi Direktur Utama (Dirut) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk masih lowong sepeninggal Arief Yahya yang ditunjuk menjadi menteri pariwisata. Karenanya, bursa calon direksi Telkom pun semakin santer jelang rapat umum pemegang saham (RUPS) yang digelar besok (19/12).

Sejumlah nama sudah meramaikan bursa calon dirut di emiten berkode TLKM itu. Misalnya, ada nama Sarwoto yang pernah menjadi Dirut Telkom periode 2014-2019.  Ada pula calon dari internal Telkom seperti Indra Utoyo yang saat ini menjadi pelaksana tugas (Plt) dirut, atau Honesti Basyir yang saat ini menjabat direktur keuangan. Sedangkan dari anak usaha Telkom ada nama Alex J Sinaga yang kini menjadi Dirut Telkomsel.

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rino Soemarno mengatakan, calon-calon direksi di Telkom masih menjalani assessment. Namun, ia mengupayakan agar segera ada figur tepat untuk memimpin Telkom.

Sementara Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengharapkan jangan ada friksi akibat persaingan untuk menduduki posisi direksi di perusahaan pelat merah itu. Komisioner BRTI, Riant Nugroho mengatakan, soal figur yang akan ditunjuk sebagai Dirut Telkom sebaiknya diserahkan ke RUPS.

"Kita serahkan saja pada RUPS, di mana pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas. Kita tidak usah membuat opini yang tak perlu,” ujar Riant dalam keterangan yang diterima media, Rabu (17/12).

Meski demikian Riant tak menampik adanya berbagai pihak yang berkepentingan dengan keberadaan Telkom. Ia bahkan mengibaratkan Telkom laksana gadis cantik yang mengundang banyak kepentingan. “Apalagi semua posisi yang ditawarkan (jajaran direksi) masing-masing memiliki nilai strategis bagi kelangsungan Telkom,” ujarnya.

Hanya saja, Riant berharap siapapun yang dipercaya menjadi direksi di Telkom memenuhi syarat penting. Yakni leadership, kemampuan melakukan perubahan, berintegritas dan bersih.

Selain itu, Riant juga mengingatkan pentingnya calon direksi yang akan ditunjuk berasal dari internal Telkom. Lebih baik lagi jika calon yang dipilih memiliki pengalaman di lingkungan Telkom ataupun anak usahanya.

JAKARTA - Posisi Direktur Utama (Dirut) PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk masih lowong sepeninggal Arief Yahya yang ditunjuk menjadi menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News