Kemlu Bantah Ada WNI Ditangkap Karena Gabung ISIS

Kemlu Bantah Ada WNI Ditangkap Karena Gabung ISIS
Kemlu Bantah Ada WNI Ditangkap Karena Gabung ISIS

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membenarkan ada WNI yang ditangkap dan ditahan oleh pemerintah Arab Saudi karena terkait perang saudara di Suriah. Namun Kemenlu memastikan WNI bernama Hafid Imanudin itu bukan seorang anggota kelompok militan ISIS.

"Ini sebenarnya kasus lama, ditangkapnya bulan Juli 2014. Tapi tidak ada indikasi yang bersangkutan terlibat ISIS," kata Plh Direktur Perlindungan WNI Kemlu Muhammad Iqbal di Jakarta, Kamis (18/12).

Dijelaskannya, Hafid sebenarnya adalah seorang pekerja konstruksi untuk perusahaan milik Bin Laden Group di Arab Saudi. Kemudian, pada bulan Juli lalu Hafid tiba-tiba memutuskan berangkat ke Suriah untuk ikut dalam perang saudara. Namun sebelum berhasil menyebrang, dia ditahan oleh aparat setempat.

Menurut Iqbal, Hafid berangkat ke Suriah atas inisiatif sendiri dengan alasan kemanusiaan. Ia ingin membela kaum Sunni di Suriah yang dinilai tertindas oleh rezim pemerintah Bashar al Assaad.

"Sekarang yang bersangkutan ditahan di penjara intelijen atas tuduhan subversif. Pihak KBRI dan KJRI sudah beberapa kali mengunjungi dan menawarkan bantuan hukum," jelasnya.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan, Hafid sebenarnya sudah meminta agar segera dipulangkan ke tanah air. Namun pemerintah memutuskan untuk membiarkan aparat setempat menyelesaikan proses penyelidikan. (dil/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membenarkan ada WNI yang ditangkap dan ditahan oleh pemerintah Arab Saudi karena terkait perang saudara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News