JK Ingin Anak Muda Gemar Donor Darah

JK Ingin Anak Muda Gemar Donor Darah
Wakil Presiden Jusuf Kalla terpilih kembali memimpin PMI. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mencatat sejarah sebagai orang pertama yang menduduki posisi ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) dua periode berturut-turut. Setelah menjadi ketua periode 2009 - 2014, JK kemarin kembali memenangi pemilihan ketua PMI periode 2014 - 2019.

Dalam voting yang dilakukan Kamis dinihari kemarin (18/12), JK dipilih oleh 247 peserta Musyawarah Nasional PMI, mengalahkan pesaingnya Siti Hediyati (Titiek Soeharto) yang hanya mendapat 170 suara.

"Saya sebenarnya ingin fokus tugas kenegaraan, tapi akhirnya bersedia karena ini ibadah," ujarnya.

Menurut JK, donor darah adalah aktivitas kemanusiaan. Para pendonor darah adalah pahlawan yang berjasa menyelamatkan nyawa sesama. Karena itu, seiring meningkatnya kebutuhan yang saat ini mencapai 4,8 juta kantong darah per tahun, JK ingin mendorong lebih banyak orang untuk aktif sebagai pendonor darah.

"Target kita, donor darah harus bisa jadi life style (gaya hidup)," katanya.

Karena itu, PMI sudah melakukan banyak terobosan. Misalnya, dengan membuka unit donor darah di mall atau pusat perbelanjaan serta ruang-ruang publik lain. Tujuannya, agar masyarakat bisa makin banyak terlibat dalam kegiatan sosial donor darah.

"Terutama anak-anak muda," ucapnya.(owi)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mencatat sejarah sebagai orang pertama yang menduduki posisi ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) dua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News