Australia Didesak Selesaikan Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Indonesia

Australia Didesak Selesaikan Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Indonesia
Australia Didesak Selesaikan Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Indonesia

Federasi Pertanian Australia mendesak pemerintah untuk menyelesaikan perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia terlebih dahulu sebelum melakukannya dengan India.

Sebelumnya, pemerintah Federal Australia sudah menyatakan akan berusaha menyelesaikan perjanjian perdagangan bebas dengan India di akhir tahun 2015.

Menteri Perdagangan Australia Andrew Robb mengatakan departemennya akan berkonsentrasi menggarap India, karena selama ini Australia sudah memiliki perjanjian perdagangan dengan Indonesia.

"Ini semua sudah tercakup dalam perjanjian yang  melibatkan Australia, Selandia Baru, dan ASEAN bersama-sama." kata Robb.

"Kita bisa mengembangkannya dari sana, dan melakukannya dalam kerangka regional. Namun perjanjian dengan India, belum ada sama sekali."

"Dan melihat pasar India dengan 1,2 miliar orang dan merupakan bagian penting dari masa depan kita, maka pemerintah akan melakukan hal tersebut."

Dalam waktu bersamaan, Robb mengatakan perusahaan Australia harus memanfaatkan peluang perdagangan dengan Indonesia.

"Kalau anda lihat Selandia Baru, ada 16.500 perusahaan Australia di sana, sekitar 11 ribu perusahaan Australia di Amerika Serikat, sementara di Indonesia, hanya ada 150 perusahaan asal Australia."

Federasi Pertanian Australia mendesak pemerintah untuk menyelesaikan perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia terlebih dahulu sebelum melakukannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News