Pulang Riset dari Belanda, Salman Siapkan Naskah Film Bung Hatta

Pulang Riset dari Belanda, Salman Siapkan Naskah Film Bung Hatta
Salman Aristo. Foto: Fajar/JPNN

jpnn.com - JAKARTA -  Salman Aristo kini tengah disibukkan dengan persiapan film Bung Hatta setelah kepulangannya dengan Sutradara Erwin Arnada dari Belanda untuk melakukan riset.

Dalam persiapan itu, Salman cs yang tergabung dalam Road To Hatta Movie juga menggelar seminar dan workshop bersama Universitas Paramadina Jakarta. Seminar itu bertajuk Mengembangkan Data dan Riset Menjadi Naskah Film.

Dalam seminar itu, Salman Aristo dan Produser dan Tim Riset Hatta, Fathya Feurazia menceritakan hasil riset kehidupan Bung Hatta di Belanda sekaligus mensosialisasikan persiapan pembuatan filmnya. Keduanya akan menceritakan bagaimana proses riset film Hatta yang rencananya diproduksi Februari 2015 ini berlangsung selama satu tahun lebih.

Menurut Salman riset sangat dibutuhkan untuk  membuat film biopik seperti Hatta. Terutama data dan fakta sejarah.

“Banyak buku yang dijadikan sumber dalam film Hatta. Seperti yang sudah sering saya katakan, lebih dari 70 buku. Tapi yang menjadi rujukan utama adalah buku memoar Hatta. Jika ada data dan fakta yang meragukan, saya akan kembali ke buku tersebut,” kata Salman dalam keterangan pers yang diterima JPNN, Jumat, (19/12).
 
Sementara itu,  menurut Fathya, Film Hatta diupayakan untuk mendekati fakta dan data sejarah. Oleh karena itu pihaknya melakukan riset maksimal hingga ke Belanda.

“Meski sekarang riset bisa dilakukan melalui internet, tapi untuk merasakan suasana, dan mencari beberapa jejak yang hilang, kami juga melakukan riset di Belanda,” ungkap Fathya.


Karena rentang hidup Hatta yang panjang, film ini rencananya menceritakan kehidupan sang proklamator dalam rentang waktu 1927 hingga 1949.

“Ini membantu untuk lebih fokus. Di era ini jugalah Hatta berperan sangat besar dalam kemerdekaan hingga kedaulatan Indonesia,” lanjutnya.

JAKARTA -  Salman Aristo kini tengah disibukkan dengan persiapan film Bung Hatta setelah kepulangannya dengan Sutradara Erwin Arnada dari Belanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News