Bangun Armada Bakamla, Pemerintah Kucurkan Anggaran Rp 1 Triliun

Bangun Armada Bakamla, Pemerintah Kucurkan Anggaran Rp 1 Triliun
Bangun Armada Bakamla, Pemerintah Kucurkan Anggaran Rp 1 Triliun

jpnn.com - JAKARTA - Saat ini Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) baru memiliki tiga buah kapal patroli. Namun dalam lima tahun ke depan, badan yang baru terbentuk ini ditargetkan sudah memiliki armada 60 kapal.

Plt Kepala Bakamla Laksdya Maritim Dr. D.A. Mamahit mengatakan, pihaknya sudah mendapat anggaran sekitar Rp 1 triliun untuk membangun armada.

"Nanti kapal dibangun ada tipe 48 meter, 80 meter dan 110 meter, ada juga kapal kecil seperti speedboad. Pokoknya pemerintah memberikan anggaran yang cukup untuk kita membangun 30 kapal," kata Laksdya Mamahit di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (19/12).

Menurutnya, kapal-kapal tersebut seluruhnya akan diproduksi di dalam negeri. Ia memperkirakan, butuh waktu lima tahun untuk pembangunan 30 kapal itu rampung seluruhnya.

Selain membangun kapal baru, lanjutnya, Bakamla juga akan menerima hibah kapal dari instansi-instansi lain. Salah satunya dari TNI Angkatan Laut yang telah bersedia menghibahkan 10 buah kapal.

"Jadi kira-kira dalam 5 tahun kita akan punya 40 plus dari Polair, kelautan, perhubungan. Ya bisa 60-an lah. Jadi sudah bagus itu," ucapnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Saat ini Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) baru memiliki tiga buah kapal patroli. Namun dalam lima tahun ke depan, badan yang baru


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News