Survei LSI: Mayoritas Responden Ingin Kisruh Golkar Berakhir Damai

Survei LSI: Mayoritas Responden Ingin Kisruh Golkar Berakhir Damai
Survei LSI: Mayoritas Responden Ingin Kisruh Golkar Berakhir Damai

jpnn.com - JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menggelar survei tentang kisruh internal Partai Golkar. Berdasarkan survei lembaya milik Denny JA itu, mayoritas responden menginginkan kisruh di internal Golkar antara kubu Aburizal Bakrie dan Agung Laksono itu diselesaikan melalui mahkamah partai.

Peneliti LSI, Ardian Sopa mengatakan, pasca-keputusan menteri hukum dan HAM atas kepengurusan ganda di Golkar, 72,94 persen responden survei ingin kisruh di partai berlambang beringin itu berakhir damai. “72,94 persen ingin pimpinan Golkar segera melakukan islah dan menyelesaikan permasalahan dualisme melalui mahkamah partai," katanya dalam paparan hasil survei di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/12).

Menurut Ardian, aspirasi itu muncul secara merata di hampir semua segmen responden. Mulai dari masyarakat di perkotaan, desa, responden pria maupun wanita, wong cilik maupun kelas ekonomi mapan ingin Golkar kembali bersatu.

"Namun yang paling besar harapan berasal dari pemilih Golkar yaitu 90,91 persen dan hanya 9,09 persen menginginkan melalui pengadilan," ujarnya.

Lebih lanjut Ardian mengatakan,  ada beberapa alasan publik ingin konflik internal Golkar berakhir secara damai di mahkamah partai. Alasan-alasan itu berkaitan dengan posisi Golkar sebagai salah satu partai terbesar dan tertua.

Alasan pertamanya adalah kepercayaan masyarakat bahwa perpecahan Golkar berpengaruh terhadap stabilitas politik nasional. "Banyak yang menganggap Golkar sebagai penstabilitas politik nasional. Instabilitas politik internal Golkar akan berdampak pada stabilitas politik nasional," katanya.

Kedua, lanjutnya, publik menilai Golkar sebagai role model bagi partai politik lain di Indonesia. Jika partai berlambang pohon beringin itu bisa menyelesaikan masalah internal dengan cara damai, yang lain pasti mengikuti.

Alasan terakhir, publik percaya Golkar sebagai partai tua memiliki tradisi panjang berkonflik. Karena itu, kemampuan para politisi Golkar dalam menyelesaikan konflik tidak perlu diragukan lagi.

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menggelar survei tentang kisruh internal Partai Golkar. Berdasarkan survei lembaya milik Denny JA itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News