Anjing Bisa Menjadi Teman Curhat

Anjing Bisa Menjadi Teman Curhat
Foto: boldsky.com

jpnn.com - DEWASA ini, binatang peliharaan merupakan salah satu hal yang dapat membuat hidup manusia menjadi lebih berwarna. Berbagai hasil penelitian bahkan menunjukkan adanya manfaat psikologis dan kesehatan yang dirasakan oleh para pemilik binatang peliharaan.

Dalam masyarakat di negara industri, bertambahnya kemakmuran, penurunan angka kelahiran dan merenggangnya ikatan keluarga membuat binatang peliharaan memiliki peran psikologi yang lebih penting. Anjing pun menjadi binatang peliharaan yang paling disukai dan sering disebut sebagai sahabat manusia, karena sikapnya yang bersahabat dan loyal terhadap tuannya.

Memelihara seekor anjing ternyata dapat memberikan beberapa manfaat penting bagi anda. Mengacu pada penelitian University of Sussex di Inggris, anjing ternyata mengerti apa yang dikatakan tuannya dan memproses makna serta emosi kata dengan cara mirip manusia.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anjing merespon berbagai bagian suara manusia, termasuk konten yang sebenarnya dan nada emosional," kata Victoria Ratcliffe, penulis dalam penelitian itu seperti dilansir laman Health, Kamis (18/12).

Peneliti juga menemukan bahwa anjing tampaknya mampu memproses beberapa komponen suara manusia sekaligus. Terlebih lagi, otak mereka mirip manusia dalam cara mereka membedakan informasi dalam kata-kata dari nada emosional.

"Tidak, anjing tidak akan membaca buku atau menulis soneta. Tapi mereka dapat mengerti sedikit dari apa yang kita katakan. Mereka mengambil suara-suara tertentu yang memiliki arti bagi mereka. Mereka juga mengambil tenor dari apa yang kita katakan," kata Nicholas Dodman, seorang profesor perilaku hewan di Tufts University Cummings School of Veterinary Medicine di North Grafton, Mass.(fny/jpnn)


DEWASA ini, binatang peliharaan merupakan salah satu hal yang dapat membuat hidup manusia menjadi lebih berwarna. Berbagai hasil penelitian bahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News