Budi Rahardjo, IT-Preneur di Balik Domain .id

Tak Cari Profesor, Pilih Bagikan Selebaran di Jalan

Budi Rahardjo, IT-Preneur di Balik Domain .id
Budi Rahardjo di depan kantornya, Gedung Riset dan Inovasi ITB. Foto: Mochamad Salsabyl/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Nama Budi Rahardjo (52), mungkin tidak ngetop. Namun, di dunia IT, dia adalah ’’selebriti’’. Domain .id eksis di Indonesia berkat lulusan Manitoba University, Winnipeg, Kanada, tersebut.

Laporan Mochamad Salsabyl Adn, Bandung

DANDANANNYA nyentrik. Kemeja putih berdasi biru plus celana jins dan sepatu hiking hijau. Pakaian yang dikenakan Budi itu seolah tidak mencerminkan bahwa dia adalah seorang dosen yang lazimnya berdandan rapi dan necis.

"Saya sebenarnya tidak suka pakai kemeja. Ini terpaksa dandan seperti ini karena nanti siang harus jadi penguji sidang mahasiswa S-3. Biasanya saya lebih suka pakai kaus," kata Budi Rahardjo membuka perbincangan dengan Jawa Pos yang menemuinya di Gedung Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung (ITB) pekan lalu.

Dari penampilannya, sepintas Budi tampak bukan dosen. Kalaupun dosen, mungkin orang menilai dia bukan dosen yang hebat. Namun, rekam jejak Budi menyatakan hal yang sebaliknya. Dia adalah lulusan terbaik Jurusan Teknik Elektro ITB pada 1986.

Predikat itu mengantarkan dia mendapat beasiswa negara untuk belajar di Manitoba University, Winnipeg, Kanada. Di sana, dia mengambil jurusan electro biomedical engineering. Pendidikannya berlanjut ke program PhD dengan jurusan mikroelektronika.

"Saya berada di Kanada sekitar 11 tahun. Kembali ke Indonesia untuk memenuhi kewajiban masa abdi selama lima tahun pada Agustus 1997,’’ kenang Budi.

Meski berangkat ke Kanada untuk menimba ilmu sebagai dosen, Budi punya ambisi lain saat pulang. ’’Mimpi saya adalah menerapkan ilmu mikroelektro untuk menciptakan chip dari Indonesia,’’ tandasnya.

Nama Budi Rahardjo (52), mungkin tidak ngetop. Namun, di dunia IT, dia adalah ’’selebriti’’. Domain .id eksis di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News