Incar Sumur Tua, Aspermigas Bersinergi dengan Pertamina

Incar Sumur Tua, Aspermigas Bersinergi dengan Pertamina
Incar Sumur Tua, Aspermigas Bersinergi dengan Pertamina

jpnn.com - JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) berupaya untuk lebih berperan dalam mendongkrak produksi migas nasional sekaligus mewujudkan kedaulatan energi. Karenanya, Aspermigas mengincar optimalisasi pemanfaatan sumur-sumur minyak tua.

Ketua Umum Aspermigas, Effendi Siradjuddin kepada pers di Jakarta, Minggu (21/12) mengatakan, sumur-sumur minyak tua itu tidak mungkin dikelola sendiri oleh Pertamina. Karenanya, perlu pelibatan swasta untuk mengeksplorasi sumur-sumur tua yang ada.  “Pemberian kesempatan kepada swasta juga penting dalam rangka memacu produksi minyak nasional, sekaligus menekan ketergantungan terhadap minyak impor," ujarnya.

Effendi menambahkan, Aspermigas pada Kamis (18/12) lalu telah menemui Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto. Pada pertemuan itu, kata Effendi, ada sinyal positif dari Pertamina ke Aspermigas. "Pertamina bahkan siap menjadi mitra dan mendukung langkah-langkah Aspermigas menuju kedaulatan migas dan energi yang berpijak pada potensi dan sumberdaya nasional secara optimal," tuturnya.

Effendi menilai kebijakan selama ini yang melibatkan swasta nasional dan koperasi dalam menggarap sumur-sumur minyak tua sudah sangat bagus. Sayangnya, katanya, pengawasan terhadap praktik itu kurang baik sehingga di lapangan justru ditemukan adanya pemodal asing yang menggarap sumur-sumur minyak tua.

Karenanya Aspermigas sangat berharap adanya sinergi dengan Pertamina. “Soal bagaimana bentuk dan formula kerja sama itu, Pertamina dan Aspermigas akan membicarakannya lebih lanjut," lanjutnya.

Sedangkan tokoh senior di bidang perminyakan, John Karamoy  mengatakan, saat ini kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri justru dipenuhi dari hasil impor. Untuk itu, ia mengusulkan adanya pembentukan gugus tugas khusus yang bertugas mendongkrak angka produksi migas nasional.

John menjelaskan, gugus tugas itu bisa melibatkan perusahaan-perusahaan minyak nasional dan para praktisi yang sudah berpengalaman, dan dipimpin oleh Pertamina. “Gagasan pembentukan gugus tugas akan dibahas lebih detail dalam dialog nasional Aspermigas,” kata John. Rencananya, Aspermigas akan menggelar dialog migas pada 19 Januari yang akan datang.(ara/jpnn)

JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) berupaya untuk lebih berperan dalam mendongkrak produksi migas nasional sekaligus mewujudkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News