Tips Memperingan Throttle Grip

Tips Memperingan Throttle Grip
Tips Memperingan Throttle Grip. Foto Ototrend/JPNN

jpnn.com - Throttle grip alias tuas gas motor kadang timbul masalah, salah satunya macet atau putarannya jadi keras. Penyebabnya, kotoran atau kerak yang terlalu lama dibiarkan. Biasanya kerak timbul dari air yang tanpa sengaja masuk saat mencuci atau ada air yang masuk ke kabel gas maupun di sela-sela handgrip dengan setang kemudi. Nah, berikut trik enteng, mengakali biar putaran tuas gas lebih ringan.

BERSIHKAN TUAS & KABEL GAS

Kabel gas merupakan part yang tertutupi dan terlindung dari air. Namun sebagai bagian yang dilewati kawat penarik yang menghubungkan handgrip dengan karburator, kadang air masih bisa masuk melalui sela-sela pada holder. Inilah yang memunculkan kerak, mengganggu kelancaran kawat di dalamnya. Cara membersihkan sederhana, cukup dengan bensin atau cleaner dan lumasi oli secukupnya.

Selain itu, kinerja putaran throttle grip bisa terganggu karena kerak antara tuas gas dan setang kemudi. Cukup membelokkan setang kemudi kearah kiri dengan tujuan posisi pembersihan dan pelumasan bisa masuk merata pada ruang handgrip dan setang.

POTONG PER SKEP

Untuk meringankan tuas gas, motor bisa dengan cara memotong beberapa ulir per skep pada karburator. Hal ini dilakukan agar tekanan per skep karburator berkurang sehingga pemutaran handgrip pun ikut ringan. "Cukup di potong antara 2-3 ulir saja sudah berpengaruh pada ringan tidaknya handgrip motor," jelas Darmaji, dari gerai Karya agung motor Sidoarjo.

Namun, Darmaji mewanti-wanti jika pemangkasan ulir jangan terlalu banyak. Kalau lebih dari 3 ulir dikhawatirkan karburator menjadi terganggu atau bisa juga mbandang.  Untuk pemotongan tersebut pun harus dibantu dengan kondisi kabel gas dan handgrip yang bersih dan terlumasi.  (nda/Ototrend/JPNN)

 

Throttle grip alias tuas gas motor kadang timbul masalah, salah satunya macet atau putarannya jadi keras. Penyebabnya, kotoran atau kerak yang terlalu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News