Rumah Dinas Hakim PN Palu Langganan Banjir

Rumah Dinas Hakim PN Palu Langganan Banjir
Rumah Dinas Hakim PN Palu Langganan Banjir. Ilustrasi JPNN.com

jpnn.com - PALU – Setiap kali hujan mengguyur Kota Palu, di beberapa titik dalam kota selalu menjadi langganan genangan air. Luapan air dari drainase mengalir liar menggenangi badan jalan dan rumah-rumah penduduk. Salah satunya di Jalan Zebra Kecamatan Palu Selatan, tepatnya di kompleks rumah dinas (Rumdis) hakim PN Palu, Sulawesi Tengah.

Pascaturun hujan, sejumlah rumah di kompleks itu selalu digenangi luapan air drainase. Bahkan luapan air hingga ke badan jalan. Akibatnya, pemandangan kumuh kerap terlihat di sekitar rumah. Sampah-sampah dari drainase berserakan di halaman rumah dan di jalan raya. Aroma tak sedap pun kian merebak.

Penghuni kompleks Rumdis Hakim PN Palu, selalu disibukkan dengan aktivitas membersihkan sampah-sampah yang tergenang bersama air luapan drainase. Pekerjaan rutin ini  tak pernah lepas acap kali hujan mengguyur Jalan Zebra dan sekitarnya.

Seperti yang terjadi pada Minggu (21/12), di mana warga sekitar terpaksa membersihkan sampah di dalam drainase secara mandiri. Harapannya, luapan air bisa segera teratasi.

Salah seorang pemilik rumah, Dewantoro, mengatakan walaupun hujan tidak begitu deras, air drainase tetap meluap. Pasalnya, geografis daerah tersebut terbilang rendah, akibatnya air yang berada di dataran lebih tinggi seperti di Jalan Basuki Rahmat maupun dari Jalan Zebra I, tertampung di dalam drainase di Jalan Zebra.

“Parahnya lagi tidak ada saluran pembuangan di sini, jadi air hanya berhenti di sini. Butuh waktu juga untuk menunggu kering, karena hanya tunggu meresap sendiri saja airnya,” katanya prihatin.

Dewantoro juga mengeluhkan, pengangkutan sampah yang kurang maksimal. Pasalnya, setiap kali mereka membersihkan sampah yang berada di dalam drainase yang kemudian dikumpulkan di pinggir jalan, petugas kebersihan tidak langsung mengangkutnya. Tumpukan sampahnya dibiarkan begitu saja hingga berhari-hari.

“Kadang saya lihat mereka hanya lewat, tapi sampahnya tidak diangkut. Biasanya nanti sudah berhari-berhari baru diangkut,” terang Dewantoro sedikit kesal.

PALU – Setiap kali hujan mengguyur Kota Palu, di beberapa titik dalam kota selalu menjadi langganan genangan air. Luapan air dari drainase

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News