Bandung Dilanda Banjir, Mendag Pastikan Stok Pangan Aman

Bandung Dilanda Banjir, Mendag Pastikan Stok Pangan Aman
Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - BANDUNG - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengajak sejumlah pejabat di kementeriannya untuk melihat secara langsung aktivitas perdagangan di kawasan banjir Baleendah, Kabupaten Bandung dan mengunjungi korban.

Dari pantauannya di lokasi pengungsian, Gobel mengatakan aktivitas ekonomi, khususnya perdagangan di lokasi banjir 95 persen mengalami kelumpuhan. Namun ia menjamin ketersediaan bahan pokok dan menjaga stabilitas harga. 

"Aktivitas perdagangan di lokasi banjir 95 persen lumpuh. Pemerintah akan membantu perbaikan pasar-pasar ini hingga dapat beroperasi kembali," sebut Gobel dalam siaran persnya, Jumat (26/12).

Selain memberi bantuan rehabilitasi pasar, pemerintah juga memberikan bantuan berupa selimut, sarung, dan sembako. Secara nasional, pemerintah kata dia memastikan dan menjamin selama Natal, dan Tahun Baru 2015, persediaan bahan pokok dalam kondisi stabil.

"Bahan pokok tersedia di pasar dalam jumlah yang cukup selama Natal dan Tahun Baru 2015 mengingat banjir menyebabkan distribusi logistik terganggu dan mempengaruhi harga sejumlah komoditas," terang dia.

Menurut Gobel, Kemendag tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perhubungan dan Kepolisian untuk memperlancar arus barang ke daerah terdekat dengan lokasi banjir. "Agar kebutuhan pokok tetap tersedia dan tidak mengalami kelangkaan," tandasnya. (chi/jpnn)


BANDUNG - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengajak sejumlah pejabat di kementeriannya untuk melihat secara langsung aktivitas perdagangan di kawasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News