Khofifah Buka-bukaan Amanat yang Dipegang dari Gus Dur

Khofifah Buka-bukaan Amanat yang Dipegang dari Gus Dur
Khofifah Buka-bukaan Amanat yang Dipegang dari Gus Dur. Foto JPNN.com

jpnn.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjadi salah satu tamu undangan yang hadir dalam acara Haul Kelima KH. Abdurrahman Wahid di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu malam (27/12).

Dan ternyata Khofifah memegang amanat Gus Dur. Apa amanat Gus Dur kepada Khofifah?

"Jadi, sebelum dua bulan (Gus Dur) wafat, tiga kali ia berpesan kalau saya (Gus Dur) meninggal tolong di batu nisa ditulis 'the humanist died here'," ujar Khofifah yang tampak mengenakan jilbab putih tersebut.

Ia mengaku telah memendam lama pesan Presiden keempat RI tersebut. Ia pun berharap malam ini ia mempunyai keberanian untuk mengungkapkan kepada keluarga Gus Dur apa yang diamanatkan oleh Gus Dur kepadanya.

"Mudah-mudahan malam ini saya punya keberanian menyampaikan kepada keluarga beliau," ungkapnya.

Menurut Khofifah, hal utama yang membuat Gus Dur memiliki kemampuan memperjuangkan pluralisme dan multikulturalisme adalah sisi kemanusiaannya.

Terkait pesan tersebut, Khofifah sendiri yakin hanya ia yang mendapatkan amanat penting itu dari Gus Dur.

"Saya pernah tanya kepada beberapa teman, ada yang pernah diberi pesan seperti saya, tapi saya belum mendapatkan kesamaan pesan itu. Jadi mudah-mudahan hari ini saya berani menyampaikan itu. Karena selama ini saya pendam itu," ungkapnya. (ysa/rmo/jpnn)


Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjadi salah satu tamu undangan yang hadir dalam acara Haul Kelima KH. Abdurrahman Wahid di Ciganjur, Jakarta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News