Diterjang Puting Beliung, 236 Rumah Rusak

Diterjang Puting Beliung, 236 Rumah Rusak
Diterjang Puting Beliung, 236 Rumah Rusak

jpnn.com - TASIK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat jumlah rumah dan bangunan rusak akibat disapu angin puting beliung di Kecamatan Rajapolah mencapai 199 unit dan 37 unit di Kecamatan Jamanis.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya H Kundang Sodikin mengatakan 199 rumah yang rusak itu berada di tiga titik yaitu Kampung Ciinjuk, Jati dan Babakan Tanjung Desa Tanjungpura. Satu rumah roboh di Babakan Tanjung.

Sementara, kerusakan bangunan di wilayah Kecamatan Jamanis masuk kategori ringan. Karena hanya rusak di bagian atapnya saja.

Menurut dia, kerugian akibat bencana angin kencang di Rajapolah dan Jamanis itu ditaksir mencapai Rp 500 juta lebih.

“Kami memberikan langkah tanggap darurat dengan melakukan pembersihan sisa-sisa reruntuhan bangunan bersama instansi lainnya. Kami berharap masyarakat agar lebih waspada dengan musim penghujan ini. Dan, siap siaga jika ada kemungkinan bencana untuk menghindari korban jiwa,” imbaunya.

Tokoh masyarakat Babakan Tanjung dari Forum FPI Rizal mengatakan untuk membersihkan reruntuhan rumah, warga dibantu oleh kepolisian, TNI, BPBD, FPI dan relawan bencana alam lainnya.

“Insya Allah dari pihak FPI/LPI siap membantu perbaikan dan pembangunan sampai tuntas. Sedangkan untuk masalah pembiayaan kami serahkan kepada pemerintah,” terangnya.

Ketua pelaksana bantuan bencana dari Polres Tasikmalaya Kota Ipda Entis Permana mengatakan kepolisian sudah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terkena bencana puting beliung. Kemarin, para personel kepolisian kembali membersihkan bekas reruntuhan bangunan dan penebangan pohon yang tumbang.

TASIK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat jumlah rumah dan bangunan rusak akibat disapu angin puting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News