BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Malam Tahun Baru

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Malam Tahun Baru
BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Malam Tahun Baru

jpnn.com - SERANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kelas 1 Serang meminta pengunjung pantai di Banten agar waspada akan potensi gelombang tinggi yang bisa terjadi pada malam pergantian tahun baru.

BMKG Serang memprediksi tinggi gelombang pada 31 Desember akan mencapai 2 sampai 2,3 meter. Pantai yang dimaksud adalah seluruh pantai di Banten, salah satunya Pantai Anyer.

"Berdasarkan pantauan satelit wilayah Banten akan terjadi gelombang tinggi dan hujan ringan pada malam pergantian tahun," kata Mafian Purnomo, petugas BMKG Serang, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/12).

Mafian mengatakan bahwa tinggi gelombang dan hujan ringan ini disebabkan karena adanya badai topis jangmi di wilayah timur Filipina. Badai topis jungmi memicu kecepatan angin di wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Pulau Jawa yang akan menimbulkan gelombang tinggi di perairan Selat Sunda.

Selain itu, adanya badai tropis kate juga menyebabkan gelombang tinggi. Kondisi ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 31 Desember 2014.

"Badai tropis ini sangat kuat menyedot uap dan air, lebih kuat dari tekanan rendah lainnya, misalkam badai tropis kate," ujarnya.

Mafian menyatakan bahwa bagi wisatawan yang sedang berenang di pantai agar tidak terlalu ke tengah. Sebab gelombang tinggi bisa menarik wisatawan ke tengah dan akan membahayakan jiwanya.

"Jangan terlalu ke tengah karena makin ke tengah makin besar gelombangnya. Jangan terlalu ke tengah bisa terseret," kata Mafian.

SERANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kelas 1 Serang meminta pengunjung pantai di Banten agar waspada akan potensi gelombang tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News