Pimpinan DPR: Teknologi ATC Bandara Harus Diupgrade

Pimpinan DPR: Teknologi ATC Bandara Harus Diupgrade
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto sepakat bila teknologi Air Traffic Control (ATC) bandara-bandara di tanah air segera diupgrade. Hal ini menyikapi pengakuan lembaga pelayanan navigasi (AirNav) Indonesia, bahwa ATC yang ada tidak bisa membaca kondisi cuaca.

Menurut Agus, peralatan penerbangan di bandara-bandara harus disesuaikan mengikuti perkembangan teknologi pesawat terbang. Hal ini juga berguna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan penerbangan.

"Peralatan lebih canggih memang dibutuhkan. Harus disesuaikan dengan teknologi penerbangan yang terus berkembang. ATC yang masih ketinggalan perlu diupgrade," kata Agus ditemui di gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/1).

Bahkan, Agus meminta pemerintah membicarakan hal ini dengan DPR, terutama yang berkaitan dengan anggaran yang diperlukan untuk menyediakan teknologi yang memadai. Namun dia tidak sependapat bila ATC kuno ini dianggap sebagai penyebab hilang kontaknya AirAsia.

"Ini perlu dibicarakan dengan DPR, masalah budgetingnya. Peralatan yang berkaitan dengan perhubungan memang penting, tapi hilang kontaknya AirAsia bukan itu penyebabnya. Kan sebelum hilang kontak masih ada komunikasi dengan ATC," tandas politikus Demokrat itu.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto sepakat bila teknologi Air Traffic Control (ATC) bandara-bandara di tanah air segera diupgrade. Hal ini menyikapi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News