Dari Foto Jawa Pos, TNI AU Temukan Serpihan dan Jenazah

Dari Foto Jawa Pos, TNI AU Temukan Serpihan dan Jenazah
Anggota TNI AU melakukan briefing peta rute yang akan dilalui pada hari ke tiga evakuasi pesawat AirAsia QZ 8501 di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (30/12). Foto: Hendra Eka/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - PENCARIAN pesawat dan penumpang AirAsia oleh TNI Angkatan Udara (TNI-AU) mulai membuahkan hasil. Tim operasi menemukan serpihan pesawat dan empat jenazah yang diduga penumpang AirAsia di Selat Karimata, sebelah timur Perairan Tanjung Pandan. Lokasi itu berjarak 105 nautical mile (NM) dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. 

Ada dua pesawat yang meluncur ke lokasi pencarian, yakni Hercules dan Cassa CN1295 

Kedua pesawat berangkat sekitar pukul 06.00 dari Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma. Jawa Pos mengikuti pencarian dengan menggunakan pesawat Hercules.

Dua jam kemudian, pesawat yang dipiloti Mayor Penerbang Akal Juang tersebut mendeteksi barang yang mengapung di laut. Barang itu diduga merupakan serpihan pesawat AirAsia. 

Fotografer Jawa Pos Hendra Eka yang berada di kokpit kemudian memotret lokasi yang diprediksi terdapat serpihan. Tidak disangka, setelah diperbesar atau di-zoom, ternyata di gambar tersebut tampak sosok tubuh manusia. Foto itu lantas diperlihatkan kepada Kopilot Hercules Lettu Erwin Tri Prabowo.

Akhirnya, petugas memprediksi itu merupakan jenazah penumpang AirAsia. Untuk memastikan kembali, Erwin Tri Prabowo memotret dengan menggunakan kamera Hendra Eka dan tertangkap adanya serpihan pesawat serta jenazah lainnya.

Tim operasi TNI-AU lantas memutuskan untuk mengisi bahan bakar di Lapangan Udara TNI-AU Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Begitu pesawat mendarat, Hendra Eka diminta petugas untuk menunjukkan foto tersebut kepada Panglima Komando Operasi I (Pangkoops) TNI-AU Marsda Dwi Putranto. Sejumlah media elektronik juga menyorot foto yang diambil Hendra tersebut.

Dengan adanya foto itu, Pangkoops akhirnya memutuskan untuk menggunakan helikopter guna mencari dan mengevakuasi serpihan serta jenazah yang diduga penumpang pesawat AirAsia. 

PENCARIAN pesawat dan penumpang AirAsia oleh TNI Angkatan Udara (TNI-AU) mulai membuahkan hasil. Tim operasi menemukan serpihan pesawat dan empat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News