KIP Dukung Penuh Kemenpora

KIP Dukung Penuh Kemenpora
Pertemuan antara Menpora Imam Nahrawi dan Komisioner KIP di kantor KIP Selasa (30/12). FOTO: jpnn

jpnn.com - LANGKAH strategis Menpora Imam Nahrawi yang siap melakukan MoU dengan Komisi Informasi Pusat (KIP), tadi sore disambut positif pihak KIP. Yhannu Setyawan, komisioner KIP, menjelaskan putusan KIP atas PSSI bisa menjadi pintu masuk agar cabang olahraga lain juga transparan.

"KIP memberikan dukungan kepada Kemenpora untuk memasukan agenda keterbukaan informasi dalam pengelolaan olahraga di tanah air," katanya, melalui bagian informasi media KIP, Selasa petang (30/12).

Dengan MoU yang sudah disiapkan Menpora, diyakini oleh Yhannu akan memberikan ruang untuk partisipasi publik. Awalnya, memang permohonan FDSI (Forum Diskusi Suporter Indonesia) yang membuat KIP mengabulkan ajudikasi dan memutuskan PSSI sebagai badan publik.

Dalam sidang yang digelar sejak Oktober lalu, KIP akhirnya mengeluarkan putusan mengabulkan permintaan FDSI. Akhirnyan pada 8 Desember lalu, diputuskan bahwa PSSI harus memberikan informasi terkait data yang diminta FDSI.

Dengan keterbukaan informasi, tambah Yhannu, partisipasi publik dalam mengawal olahraga dapat ditingkatkan. Sektor olahraga yang selama ini tertutup, bisa diakses informasinya oleh publik dengan adanya dasar putusan ini.

"Ini menjadi trigger, dan saya berharap semua cabang olahraga bisa transparan. Keputusan ini menjadi dasarnya," tegas dia. (upi/mas)


LANGKAH strategis Menpora Imam Nahrawi yang siap melakukan MoU dengan Komisi Informasi Pusat (KIP), tadi sore disambut positif pihak KIP. Yhannu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News