Status Bintang Tiga, Marsdya Agus Supriatna Resmi Jabat KSAU

Status Bintang Tiga, Marsdya Agus Supriatna Resmi Jabat KSAU
Status Bintang Tiga, Marsdya Agus Supriatna Resmi Jabat KSAU. Foto Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya Agus Supriatna menjadi Kepala Staf Angkatan Udara TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat, (2/1). Agus dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 1/TNI/  tahun 2015 tentang pengangkatan KSAU.

"Mengangkat Marsekal Madya Agus Supriatna sebagai KSAU. Keputusan ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat yang bersangkutan," ucap sekretaris militer yang membacakan keputusan presiden tersebut.

Sebelumnya pelantikan Agus ditunda oleh presiden pada 31 Desember 2014 lalu karena ia masih berstatus bintang dua. Untuk menjaga ketertiban administrasi kepangkatan di TNI, presiden menunggu Agus naik pangkat terlebih dahulu sebagai kepala staf umum (kasum) TNI sebelum akhirnya dilantik. Dalam sumpahnya di pelantikan ini Agus berjanji tidak akan menerima gratifikasi dalam menjalankan tugasnya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apapun juga. Tidak memberi atau menyanggupi, akan memberi pada siapapun juga. Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian apa saja dari siapapun juga yang saya tau atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Saya akan tetap setia pada UUD dan peraturan berlaku. Saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Agus menirukan sumpah yang dibacakan Presiden Joko Widodo.

Sebelum diangkat menjadi Kasau, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini masih menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II. Agus mengawali kariernya di militer sejak tahun 1983, saat lulus dari Akademi Angkatan Udara.

Pria kelahiran 28 Januari 1959 ini akan menapaki jabatan tertinggi di TNI Angkatan Udara menggantikan Marsekal Ida Bagus Putu Dunia yang segera memasuki masa pensiun pada Maret 2015 mendatang. (flo/jpnn)

 


JAKARTA -- Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya Agus Supriatna menjadi Kepala Staf Angkatan Udara TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat, (2/1).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News