Status QZ8501: Kemenhub Larang Terbang, Singapura Izinkan Mendarat

Status QZ8501: Kemenhub Larang Terbang, Singapura Izinkan Mendarat
Sebuah pesawat AirAsia di posisinya, usai mendarat di Changi Airport. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Penerbangan AirAsia QZ8501 pada Minggu (28/12), ternyata mendapat izin dari otoritas di Singapura. Artinya, slot mendarat pesawat yang dipiloti oleh Kapten Iriyanto tersebut sudah disediakan di Bandara Changi, Singapura di hari nahas tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membekukan rute AirAsia Surabaya-Singapura lewat Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No AU.008/1/1/DRJU-DAU-2015, tanggal 2 Januari 2015.

AirAsia dinilai melanggar persetujuan rute. Pada Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU.008/30/6/DRJU-DAU-2014 yang bertanggal 24 Oktober 2014 tentang izin penerbangan luar negeri periode winter 2014–2015, rute Surabaya–Singapura PP yang diberikan kepada AirAsia Indonesia sesuai dengan jadwal penerbangan hanya pada Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Namun, dalam pelaksanaannya, penerbangan AirAsia Indonesia rute Surabaya–Singapura PP dilakukan di luar izin yang diberikan, antara lain Minggu.

Nah, dilansir dari The Straits Times, Sabtu (3/1), dalam menanggapi pertanyaan media, Civil Aviation Authority of Singapore (CAAS atau Otoritas Penerbangan Sipil Singapura) menjelaskan persetujuan telah diberikan untuk sektor Surabaya-Singapura, berdasarkan hak udara yang tersedia di bawah kesepakatan antara kedua negara.

"Sebelum maskapai penerbangan melayani dua titik, perlu mendapatkan persetujuan dari jadwal penerbangan dari otoritas penerbangan sipil dari rute penerbangannya," sebut pihak CAAS.

Indonesia AirAsia telah diterapkan untuk mengoperasikan penerbangan harian antara Surabaya dan Singapura, tiba di Bandara Changi pada 08:30 dan berangkat ke Surabaya pada 14:10. Aplikasi ini dibuat untuk periode 26 Oktober - 28 Maret.

"Penerbangan ini sehari-hari telah disetujui karena ada hak lalu lintas udara tersedia di bawah perjanjian layanan udara bilateral dan slot di Bandara Changi tersedia. Maskapai ini (AirAsia) mengoperasikan penerbangan empat kali seminggu pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, " imbuh pihak CAAS.

Disebutkan juga, bahwa Airlines dapat menyesuaikan frekuensi penerbangan mereka sesuai permintaan pasar dan kebutuhan operasional.

JAKARTA - Penerbangan AirAsia QZ8501 pada Minggu (28/12), ternyata mendapat izin dari otoritas di Singapura. Artinya, slot mendarat pesawat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News