Hiu Paus Terdampar di Pesisir Selatan

Hiu Paus Terdampar di Pesisir Selatan
Hiu Paus Terdampar di Pesisir Selatan

jpnn.com - PAINAN - Masyarakat dan nelayan Pantai Anakan, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dikejutkan penemuan seekor ikan hiu paus (Rhincodon typus) sepanjang 5 meter, kemarin (7/1).

Warga sempat berusaha mendorong ikan tersebut kembali ke laut, namun dia kembali terdampar dan mati beberapa saat kemudian. Usaha untuk menyelamatkannya pun gagal.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres (Grup JPNN), awalnya warga tidak mengetahui bahwa yang mereka lihat adalah seekor hiu paus.

Mereka hanya melihat ada benda asing dari kejauhan. Penasaran benda itu terlihat bergerak-gerak, warga pun mendekatinya.

Saat didekati, ikan masih dalam kondisi hidup. Warga dan  nelayan berusaha mendorongnya ke laut. Namun setelah sudah agak ke tengah, ikan hiu paus itu kembali lagi terdampar di tempat semula dan akhirnya mati.

"Akibatnya hiu paus seberat 350 kg itu menjadi pusat perhatian warga, bahkan ada yang mengabadikan momen langka itu dengan kamera HP," kata Irul Kani 40, warga kampung itu.

Diakui Irul, dia bersama warga lainya baru kali ini melihat ikan dengan panjang mencapai 5 meter itu.

Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelestarian Ekosistem dan Lingkungan Perairan DKP Pessel, Darpius Indra mengatakan, peristiwa terdamparnya hiu paus di daerah itu sudah beberapa kali terjadi.

PAINAN - Masyarakat dan nelayan Pantai Anakan, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dikejutkan penemuan seekor ikan hiu paus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News