Penyelam Lihat Kabin AirAsia QZ8501 Berantakan

Penyelam Lihat Kabin AirAsia QZ8501 Berantakan
Penemu ekor pesawat AirAsia QZ8501. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - PANGKALAN BUN – Upaya pencarian badan pesawat dan jasad penumpang AirAsia QZ8501 menunjukkan hasil signifikan pada hari ke-11.

Rabu(7/1) tim penyelam gabungan TNI-AL yang ditempatkan di kapal MGS Geo Survey menemukan ekor pesawat. Posisi kotak hitam (black box) pun sudah terdeteksi.

Beberapa bagian bodi dan ekor pesawat terdeteksi di koordinat 03 36 31 S–109 41 66 T di kedalaman 35 meter. Lokasi itu sudah masuk wilayah perairan Kalimantan Selatan. Penemunya adalah dua personel penyelam gabungan TNI-AL, Serma Mar Boflen Sirait dan Serka Mar Oo Sudarmo dari Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Pasukan Marinir-2 Jakarta.

Penyelaman oleh tim I gabungan penyelam TNI-AL itu merupakan yang keempat. Dalam penyelaman mulai pukul 10.20 tersebut, mereka menemukan objek yang ditengarai bagian dari AirAsia yang kehilangan kontak pada Minggu (28/12).

Tiga penyelaman sebelumnya dilaksanakan sejak Minggu (4/1). Penyelaman perdana tidak mulus karena cuaca kurang mendukung. Pada penyelaman kedua Senin (5/1) dan ketiga Selasa (6/1), penyelam gabungan dari MGS Geo Survey belum menemukan objek AirAsia.

Mereka menemukan banyak logam berdiameter besar dari bangkai kapal yang sudah tenggelam belasan hingga puluhan tahun. Hal itu terlihat dari kondisi logam hingga setebal 10 sentimeter.

Dalam penyelaman kemarin, selama 17 menit menyusuri dasar laut, dua bintara senior itu memotret sejumlah bagian pesawat dalam kondisi terbelah.

Pada bagian bodi kiri belakang, tampak tulisan PK dan AX (terfoto sebagian) berwarna hitam dengan dasar putih. Di bagian atasnya terlihat tulisan Air dalam bentuk latin (sambung) dan Fly.

PANGKALAN BUN – Upaya pencarian badan pesawat dan jasad penumpang AirAsia QZ8501 menunjukkan hasil signifikan pada hari ke-11. Rabu(7/1) tim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News