PDIP Siagakan Ratusan Kader Hadapi Bencana

PDIP Siagakan Ratusan Kader Hadapi Bencana
Kader PDI Perjuangan yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) saat mengikuti pelatihan tim unit reaksi cepat di Cibubur, Jawa Barat, Jumat (9/1). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com - CIBUBUR - PDI Perjuangan menggembleng ratusan kadernya yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) di kawasan Cibubur, Jawa Barat. Hari ini (9/1) mereka menuntaskan pelatihan tim reaksi cepat untuk siaga dan siap diterjunkan dalam menghadapi bencana di berbagai daerah.

Sekretaris Baguna DPP PDIP, Y Vian Veoh yang ditemui di sela-sela pelatihan mengatakan, sejak 2007 silam PDIP telah melahirkan kader-kader yang cukup berpengalaman dalam hal kebencanaan. Bahkan, sejumlah proses pencarian dan evakusasi korban bencana sudah pernah mereka lakukan. Misalnya, jatuhnya pesawat Sukhoi pada 9 Mei 2012 di Gunung Salak, gempa di Pulai Mentawai, letusan Gunung Sinabung, atau tanah longsor di Banjarnegara dan banjir di Bandung Barat.

"Kita sadar kemampuan kita, ada hal-hal yang tidak menjadi jangkauan kita. Kita membantu pencarian dan evakuasi korban Sukhoi. Di Banjarnegara Baguna turunkan tim, terakhir banjir di Bandung," kata Vian.

Menurutnya, Baguna memiliki ratusan relawan yang siap diturunkan dalam penanganan bencana di manapun. Pasalnya, personel Baguna tersebar di seluruh provinsi di tanah air dan dilengkapi dengan tim dokter, ambulans serta peralatan SAR.

"Ini merupakan komitmen politik partai, yang besok berulang tahun ke-42, dalam konteks selalu menangis dan tertawa bersama rakyat. Konsen dalam isu kemanusiaan," tandasnya.(fat/jpnn)

 


CIBUBUR - PDI Perjuangan menggembleng ratusan kadernya yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) di kawasan Cibubur, Jawa Barat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News