Pemerintah Genjot Optimalisasi BPJS untuk Rakyat Miskin

Puan: Tuntaskan Kendala Persoalan di Lapangan, Tekan Potensi Penyimpangan

Pemerintah Genjot Optimalisasi BPJS untuk Rakyat Miskin
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil dalam rapat tentang BPJS di Jakarta, Kamis (15/1). Foto: Humas Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah terus berupaya agar program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bisa berjalan baik dan tanpa penyimpangan. Karenanya, kualitas pelayanan program pro-rakyat itu pun akan terus ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani usai memimpin rapat koordinasi dengan sejumlah menteri terkait pelayanan dan pembiayaan BPJS di Jakarta, Kamis petang (15/1). Puan mengatakan, untuk memastikan kehadiran negara di tengah persoalan rakyat maka jajaran kementerian dan lembaga yang terkait dengan program BPJS segera menyelesaikan masalah-masalah di lapangan.

"Kami berharap pelayanan BPJS bisa lebih ditingkatkan lagi. Negara hadir untuk rakyat miskin yang membutuhkan fasilitas kesehatan dari negara," katanya.

Puan menambahkan, rakyat miskin tetap berhak mendapat kualitas pelayanan terbaik. Karenanya, BPJS kesehatan untuk warga miskin juga tetap harus optimal.

Selain itu Puan juga mengatakan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengalokasikan dana besar untuk program BPJS kesehatan. Tujuannya agar rakyat miskin benar-benar mendapat kualitas kesehatan terbaik.

Karenanya  Puan juga mengingatkan agar program pro-rakyat itu tidak diselewengkan. "Kami berharap BPJS tidak ditumpangi oleh masyarakat yang memang tidak membutuhkan dana BPJS dari negara, tapi kemudian dipakai oleh masyarakat kelas menengah atas," pintanya.

Terkait persoalan-persoalan yang masih muncul dalam pelaksanaan BPJS, Puan mengaku telah memerintahkan kepada sejumlah menteri terkait untuk mencari solusinya. Dengan demikian persoalan di lapangan yang menghambat BPJS bisa segera diatasi.

“Saya juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri supaya pelaksanaan BPJS di seluruh Indonesia bisa segera terkonsolidasi. Semua wilayah bisa bertanggung jawab menjalankan BPJS di wilayahnya masing-masing," ucap mantan Ketua Fraksi PDIP DPR itu.(ara/jpnn)

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya agar program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bisa berjalan baik dan tanpa penyimpangan. Karenanya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News