Pelabuhan Benoa jadi Primadona Kunjungan Kapal Pesiar

Pelabuhan Benoa jadi Primadona Kunjungan Kapal Pesiar
Pelabuhan Benoa jadi Primadona Kunjungan Kapal Pesiar. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan dalam kurun waktu lima tahun belakang makin banyak kapal pesiar (cruise) datang dan bersandar di pelabuhan Indonesia. Tren ini berdampak positif karena membuat jumlah kunjungan kapal wisata cenderung meningkat.

Di tahun 2010, ada 57 kapal pesiar yang datang. Tahun berikutnya ada 76 kapal. Kemudian tahun 2012, naik menjadi 92 kapal dan tahun 2013 tercatat 116 unit kapal pesiar.

“Bahkan sepanjang tahun 2014 sendiri, tercatat sebanyak 126 unit kapal pesiar dengan bobot kotor 4.829.867 GT, yang datang ke pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III. Ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 11,5 persen dibandingkan tahun 2013 lalu,” papar Edi dalam siaran persnya, Minggu (18/1).

Adapun pelabuhan yang paling rajin disambangi kapal pesiar mewah yakni Pelabuhan Benoa di Pulau Dewata, Bali, Pelabuhan Lembar di Lombok dan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

"Ketiga pelabuhan itu memiliki hinterland objek wisata yang menarik. Kalau ke Bali tentunya mengunjungi Pantai Kuta serta destinasi wisata lainnya yang sudah terkenal di dunia. Ke Semarang, mereka dapat ke Candi Borobudur dan wisata Kota Ambarawa serta kawasan Kota Tua Semarang," terangnya.

Sedangkan dari jumlah ship call kapal pesiar pada tahun 2014, Edi menuturkan Pelabuhan Benoa di Bali merupakan tempat terfavorit bagi operator cruise. Tercatat sebanyak 49 unit kapal pesiar bersandar di pelabuhan tersebut, atau meningkat 19,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang dikunjungi 41 kapal pesiar.

Untuk jumlah penumpang kapal pesiar yang melalui Pelabuhan Benoa mencapai 45.171 turis atau meningkat 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat hanya 39.105 orang.

Selanjutnya kapal pesiar juga mulai ramai bersandar pada Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Tahun 2014 tercatat 25 unit kapal pesiar atau meningkat 31,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat hanya 19 unit kapal pesiar.

JAKARTA - Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan dalam kurun waktu lima tahun belakang makin banyak kapal pesiar (cruise) datang dan bersandar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News