Pendidikan Gizi Cegah Kambuhnya Kanker Payudara

Pendidikan Gizi Cegah Kambuhnya Kanker Payudara
foto: fox news

jpnn.com - Pendidikan gizi yang difokuskan dalam pengurangan konsumsi daging merah dan peningkatan asupan buah serta sayuran ternyata bisa membantu mengurangi kambuhnya kanker payudara.

Dalam penelitian kecil yang dilakukan Universitas Federal Santa Catarina, Brasil, sebanyak 18 pasien kanker payudara (kelompok intervensi) dididik selama 12 bulan pada nutrisi yang tepat. Sementara, kelompok kontrol untuk 75 pasien tidak menerima pendidikan apapun.

Para pasien pada kelompok intervensi mengonsumsi daging merah 50 persen lebih banyak dari kelompok kontrol. Hasilnya, kelompok kontrol ternyata memiliki badan dua kali lebih besar dan tiga kali lebih tinggi dari index massa tubuh (BMI).

Peningkatan berat badan dan konsumsi daging merah serta olahan telah dikaitkan dengan peningkatan stres oksidatif yang terbukti memengaruhi peningkatan tumbuhnya sel kanker.

"Meskipun ukuran sampel ini kecil dan data dikumpulkan pada waktu yang berbeda, penelitian ini memberikan bukti bahwa wanita yang menjalani pengobatan kanker payudara mungkin mendapat manfaat dari pemantauan gizi langsung, individual dan rinci,” terang penulis utama Cecilia C. Schiavon, seperti dilansir laman Fox News. (fny/jpnn).

Pendidikan gizi yang difokuskan dalam pengurangan konsumsi daging merah dan peningkatan asupan buah serta sayuran ternyata bisa membantu mengurangi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News