Guys, Selfie Bisa Bikin Jadi Psikopat Lho...

Guys, Selfie Bisa Bikin Jadi Psikopat Lho...
foto: getty images

jpnn.com - Apakah Anda hobi selfie dan mengunggahnya ke media sosial, lalu asyik membandingkan hasilnya dengan milik orang lain? Hati-hati. Ternyata, hal ini bisa sangat berbahaya loh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, pria yang sering berbagi foto selfie di profil media sosial mendapatkan nilai lebih tinggi pada tes narsisme dan psikopat.

Narsisme berkaitan dengan keyakinan bahwa Anda cerdas, lebih menarik atau umumnya lebih baik daripada yang lain. Sementara, psikopat biasanya berupa kurangnya empati dan minimnya sikap menghargai orang lain.

Para peneliti menyurvei 800 orang berusia antara 18-40 tahun. Mereka bertanya tentang foto-foto yang telah diposting secara online. Setelah itu, mereka memberi kuesioner terkait kepribadian.

Para peneliti menemukan, orang yang mengambil waktu untuk mengedit foto sebelum memostingnya juga menjadi lebih narsis. Mereka juga lebih peduli dengan penampilan dibandingkan kepribadian.

“Hal yang lebih menarik adalah bahwa mereka juga memiliki skor lebih tinggi pada ciri kepribadian antisosial, psikopat dan lebih rentan terhadap objektifikasi diri,” terang penulis utama studi, Jesse Fox, PhD seperti dilansir laman Health. (fny/jpnn)

 


Apakah Anda hobi selfie dan mengunggahnya ke media sosial, lalu asyik membandingkan hasilnya dengan milik orang lain? Hati-hati. Ternyata, hal ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News