Trik Memasang Setir ala Street Cub

Trik Memasang Setir ala Street Cub
Trik Memasang Setir ala Street Cub. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Di dunia modifikasi, mengganti spare part memang terbilang hal yang lumrah agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan tema yang diusungnya. Salah satunya merubah tampilan setir pada motor beraliran street cub.

Apapun model stang yang akan digunakan, yang perlu diperhatikan adalah adaptor dudukan setang. Dan sebelum memasuki pemasangan setang, lebih dulu otomania menentukan model plat yang nanti akan digunakan untuk dudukan. Yang jelas untuk membuat plat dudukan, diperlukan lubang agak besar tepat berada di sisi tengah untuk pemasangan ke komstir dan lubang kecil-kecil yang nantinya untuk meletakkan raiser dudukan setang.

“Umumnya model plat tebal yang kebanyakan dipakai pada motor beraliran street cub saat ini berbentuk bulat, yang bisa dibuat sendiri atau bisa beli di toko aseso atau pada komunitas pecinta motor street cub,” ujar Ocim Ndizain dari Gedeg, Mojokerto spesialis modifikasi motor beraliran retro. Sedangkan untuk raiser dudukan setang, bisa menggunakan milik motor sport variasi.

Jika aseso yang dibutuhkan sudah siap, maka pemasangan plat pada komstir sudah bisa dilakukan yang dilanjutkan dengan pemasangan raiser pada plat. Setelah raiser bagian bawah terpasang pada plat, maka setang pun langsung dipasang dan dijepit dengan raiser bagian atas.

“Proses pemasangan setang lurus cukup mudah lantaran kita tidak perlu mengatur posisi setang, beda halnya jika setang tersebut bengkok dan apalagi posisi lekukannya tepat di atas raiser yang tentunya memerlukan pengaturan pada raiser,” ujar pria yang mengawali usaha di dunia modifikasi sejak tahun 2002 silam.

Alhasil, proses menggerenda atau mengikir sudut-sudut atau sisi-sisi yang dianggap mengganggu peletakan setang terpaksa harus dilakukan, agar posisi setang nantinya bisa tepat dan pas. Selamat mencoba..!!!  (kih/ototrend/jpnn)

 


Di dunia modifikasi, mengganti spare part memang terbilang hal yang lumrah agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan tema yang diusungnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News