Obama Dipeluk Modi

Obama Dipeluk Modi
Barack Obama dipeluk Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto: qz.com

jpnn.com - NEW DELHI - Barack Obama disambut hangat dalam kunjungannya ke India kemarin (25/1). Perdana Menteri India Narendra Modi-lah yang menyambut Presiden Amerika Serikat (AS) itu di bandara.

Obama bakal menjadi presiden AS pertama yang menjadi pimpinan dalam parade perayaan berubahnya India menjadi negara republik pada hari ini.
 
"Ini adalah langkah penting untuk menunjukkan bagaimana kita bisa bersama-sama untuk meningkatkan hubungan kita," ujar Obama. Dia bakal berada di India selama tiga hari. Sejatinya, Obama dijadwalkan mengunjungi Taj Mahal.

Namun, kunjungan ke salah satu warisan budaya India itu dibatalkan karena dia harus pergi ke Arab Saudi untuk mengucapkan belasungkawa serta menemui raja yang baru.
 
Obama berharap ada peningkatan diplomatik antara AS dan India di bidang pertahanan, perdagangan, dan lingkungan. Tiga hal itu dihindari pemimpin AS sebelumnya. Mungkin karena itulah Modi sangat senang saat Obama berkunjung.

Modi bahkan melanggar protokol resmi. Saat Obama baru saja turun dari pesawat, Modi langsung menyambut dan memeluk Obama dengan hangat.
 
Di sisi lain, Michelle Obama mencuri perhatian dengan pilihan pakaiannya. Banyak yang memuji pilihan bajunya. Dalam lawatan tersebut, dia tidak dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan. Apalagi, Modi tidak memiliki istri sehingga tidak ada yang menemani ibu negara AS itu.

Meski begitu, bukan berarti kunjungan tersebut bakal tidak berkesan. Para penenun sari India berencana memberikan kejutan spesial. Yaitu, memberikan seratus lembar sari sutra tenunan tangan pada Michelle sebagai bagian dari promosi industri garmen lokal di India.
 
"Kami menggunakan benang emas dan perak murni untuk sari yang telah kami persiapkan untuk Michelle," ujar salah seorang pengusaha sari tenun Pervez Matin.

Butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan seratus lembar sari tersebut. (AFP/New York Times/sha/c23/tia)


NEW DELHI - Barack Obama disambut hangat dalam kunjungannya ke India kemarin (25/1). Perdana Menteri India Narendra Modi-lah yang menyambut Presiden


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News