Freeport Harus Bikin Warga Papua Sejahtera

Desak Pembangunan Smelter di Gresik Dikaji Ulang

Freeport Harus Bikin Warga Papua Sejahtera
foto: jpnn

jpnn.com - JAKARTA-  Ketua Presidium Perhimpunan Indonesia Timur (PPIT), La Ode Ida angkat suara terkait rencana PT Freeport Indonesia membangun smelter di Gresik, Jawa Timur.

La Ode berharap, proyek senilai USD 2,3 miliar itu dikaji ulang. Menurutnya, pemerintah seharusnya mengarahkan pembangunan smelter di Papua atau Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Kepastian Freeport membangun smelternya di Papua atau setidaknya di KTI mestinya jadi bagian subtansi yang masuk dalam butir-butir kesepakatan," terang La Ode di Jakarta, Senin (26/1).

La Ode menambahkan, PPIT sepakat dengan Gubernur Papua yang sedang berjuang agar smelter Freeport dibangun di Provinsi Papua. Dengan begitu, kesejahteraan warga Papua akan terangkat.

“Prinsipnya, sumberdaya alam (SDA) di Papua harus dikembangkan untuk membangun wilayah Papua atau setidaknya KTI, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu. Sekaligus memanfaatkan SDM yang ada di dalamnya," tegas Ida. (fas/jpnn)

JAKARTA-  Ketua Presidium Perhimpunan Indonesia Timur (PPIT), La Ode Ida angkat suara terkait rencana PT Freeport Indonesia membangun smelter


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News