Sejumlah KPUD Nego Ulang Anggaran Pilkada

Sejumlah KPUD Nego Ulang Anggaran Pilkada
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, beberapa KPU Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada langsung di 2015 mengusulkan perbaikan anggaran yang sebelumnya telah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015.

Pengajuan perbaikan anggaran, kata Tjahjo, kemungkinan dilakukan setelah KPU setempat menilai perlu adanya tambahan anggaran untuk beberapa hal. Antara lain pengamanan dan menjaga kemungkinan pilkada akan berlangsung dua putaran.

“Menurut catatan kami, semua (daerah yang akan melaksanakan pilkada di 2015, red) sudah (menetapkan anggaran pilkada). Tapi memang ada beberapa daerah yang KPUD-nya sedang negosiasi ulang dengan Pemda dan DPRD,” ujarnya Senin (26/1).

Sayangnya, Tjahjo belum menyebut daerah-daerah mana saja yang melakukan negosiasi ulang tersebut. Ia hanya menyebut secara prinsip Pilkada 2015 masih akan menggunakan anggaran dari APBD.

“Untuk tehnis pelaksanaan, KPU sudah siap. Tapi masih menunggu rapat kerja dengan Komisi II DPR. Karena setelah (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014) ditetapkan menjadi undang-undang,  kami pahami beberapa koreksi dan catatan dan pandangan fraksi yang ingin ada beberapa perubahan,” katanya.

Menurut Tjahjo, rapat dengar pendapat guna merampungkan penyusunan UU Pilkada, akan dilakukan awal Februari mendatang.

“Yang penting undang-undangnya harus lebih demokratis. Kami juga akan mendengar masukan dari KPU, sebagai penyelenggara (sebelum mengajukan usulan perbaikan Perppu yang ditetapkan jadi undang-undang,red),” katanya.(gir/jpnn)

 


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, beberapa KPU Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada langsung di 2015


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News