Menteri Ingin Kawasan Transmigrasi Tampak Elit

Menteri Ingin Kawasan Transmigrasi Tampak Elit
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar, mengatakan, pemerintah akan menerapkan Konsep Agro District pada program transmigrasi, demi menjadikan kawasan transmigrasi sebagai kawasan elit.

“Konsep ini akan dikembangkan dengan pendekatan arsitektur pola tata ruang pertanian modern,” ujarnya, Senin (26/1).

Menurut Marwan, pada konsep Agro Distric nantinya akan dikembangkan pendekatan teknologi ramah lingkungan, dengan harapan bisa memunculkan imej baru di kalangan masyarakat tentang program transmigrasi. Sehingga tidak lagi dipandang hanya sebagai program pengalihan penduduk dari daerah padat ke daerah yang masih sedikit penduduk. Namun sebagai program pemberdayaan masyarakat.

“Jadi nanti akan dikembangkan kawasan pertanian organik yang ramah lingkungan, dengan perilaku modern, dengan citra elit,” ujarnya.

Perubahan konsep penyelenggaraan transmigrasi ini, menurut Marwan, juga menyesuaikan dengan perkembangan sosial ekonomi dunia di bidang teknologi pertanian.

Terutama terkait pelestarian lingkungan. Dengan demikian, paradigma baru transmigrasi, menurut Marwan, dapat diharapkan mengurangi kepadatan penduduk dan mengurangi angka pengangguran.

“Dengan menciptakan kawasan transmigrasi sebagai kawasan elit, calon transmigran tidak perlu malu mengikuti program transmigrasi,” ujarnya.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar, mengatakan, pemerintah akan menerapkan Konsep Agro


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News