Siapkan Rp 200 M untuk Bangun 200 SMK

Siapkan Rp 200 M untuk Bangun 200 SMK
Siapkan Rp 200 M untuk Bangun 200 SMK
JAKARTA – Pemerintah mengebut pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tahun ini, Direktorat Pembinaan SMK memprogramkan pendirian 200 SMK baru yang akan dibangun merata di seluruh Indonesia.

Direktur Pembinaan SMK Depdiknas Joko Sutrisno mengatakan, proyek penambahan sekolah itu bersifat multiyears. Targetnya, tahun 2015 mendatang, perbandingan antara SMK dan SMA adalah 70:30. Tahun ini, anggaran yang dialokasikan per sekolah Rp 1 miliar. Dengan demikian, total anggaran yang disiapkan untuk menambah 200 unit sekolah itu Rp 200 miliar.

’’Anggaran yang kami berikan itu jauh lebih besar daripada tahun lalu yang hanya Rp 750 juta per sekolah,’’ terangnya. Rencananya, pembangunan SMK itu dilakukan selama dua tahun. Kendati memberikan anggaran cukup besar, Joko berharap daerah tetap mau sharing dana untuk membangun sekolah-sekolah itu.

Rencananya, sekolah-sekolah yang akan dibuka tersebut menyediakan beragam jurusan. Saat ini, jurusan teknologi dan mesin masih menjadi idola siswa-siswi yang memutuskan memilih sekolah kejuruan. Namun, sejatinya, menurut dia, ada beberapa jurusan yang layak dikembangkan. Misalnya, bidang kelautan, teknisi penerbangan, dan pertanian.

JAKARTA – Pemerintah mengebut pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tahun ini, Direktorat Pembinaan SMK memprogramkan pendirian 200 SMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News