Kisruh KPK vs Polri Melebar ke Kemenkum HAM

Kisruh KPK vs Polri Melebar ke Kemenkum HAM
Presiden Joko Widodo setelah menggelar pertemuan dengan Ketua KPK Abraham Samad dan Plt Kapolri Badrodin Haiti. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Konflik Polri-KPK melebar ke Kemenkum HAM. Kisruh yang terjadi antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diduga imbas dari pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan (BG).

Tidak hanya mengaitkan dua wakil ketua instansi antirasuah Bambang Widjayanto (BW) serta Adnan Pandu Praja, kini merambat kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno. Bahkan dalam waktu dekat, satu Wakil Ketua KPK Zulkarnaen juga akan dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan korupsi pada 2008 silam.  

Berdasarkan informasi yang dihimpun INDOPOS (Grup JPNN.com), Zulkarnaen akan dilaporkan terkait dugaan korupsi dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jawa Timur tahun 2008 lalu. Sedangkan pihak yang akan membuat laporan dan diagendakan pada Rabu (28/1) nanti itu adalah mantan Ketua DPRD Jawa Timur, Fathorrasjid.

Sementara, Fathorrasjid sendiri sudah divonis hakim bersalah pada 2010 lalu dii Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Seharusnya, saat ini Fathorrasjid masih berstatus tahanan karena dia divonis enam tahun penjara karena terbukti memotong dana Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) hingga Rp5,8 miliar. Kemudian Fathorrasjid melakukan kasasi dan vonisnya menjadi empat tahun penjara dan dia akhirnya bebas pada Desember 2013 lalu.

Saat dikonfirmasikan hal tersebut, Fathorrasjid membenarkan bila dirinya akan melaporkan Wakil Ketua KPK Zulkarnaen ke Mabes Polri. Fathorrasjid yang juga mengklaim dirinya simpatisan Partai NasDem itu menyebut Zulkarnaen, diduga menerima suap dalam kasus korupsi senilai Rp2,8 miliar untuk menghentikan penyidikan kasus yang juga diduga melibatkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

"Dia menerima suap kasus korupsi dana Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) pada 2008 silam. Sebenarnya ini sudah lama, sekitar 1 tahun yang lalu kita sebut. Nah besok tanggal 28 Januari akan kami laporkan ke Mabes Polri," ungkapnya kepada INDOPOS, Senin (26/1).

Disinggung apakah ini berhubungan dengan pelemahan KPK atas konflik yang terjadi dengan Polri? Fathorrasjid membantahnya secara diplomatis. Dia menyebut, bila pihaknya tidak memanfaatkan momentum kegaduhan KPK dan Polri, namun karena mempunyai bukti-bukti untuk melaporkan Zulkarnaen.

"Ini nggak ada hubungannya dengan lembaga KPK. Jangan salah," pungkasnya mantan politisi PKB ini.

JAKARTA – Konflik Polri-KPK melebar ke Kemenkum HAM. Kisruh yang terjadi antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diduga imbas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News