Modus Arisan Online yang Meraup Investasi Rp 10 Miliar

Modus Arisan Online yang Meraup Investasi Rp 10 Miliar
2 Bulan Jalankan Arisan Online, Wanita Ini Raup Investasi Rp 10 Miliar. Mey Wulan Anggraini tersangka investasi dan arisan abal-abal di Facebook kini ditahan Tim Reserse Polda Jatim. Dipta Wahyu/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Praktik arisan online itu dimulai ketika bos investasi dan arisan Facebook awu-awu Mey Wulan Anggraini, 26, keluar dari sebuah perusahaan trading di Surabaya, Jawa Timur. Dia membuat akun Facebook bernama Gerobax Michan Community (GMC) pada Oktober 2014 dan Big Owner GMC pada November 2014. Melalui dua akun itu, dia menawarkan investasi online dan arisan online.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Awi Setiyono mengatakan, dalam menawarkan investasi dan arisan online itu, Mey berusaha meyakinkan calon korban. Salah satu caranya adalah seolah-olah bekerja sama dengan sebuah perusahaan asuransi terkemuka dan toko emas yang punya nama. ”Maksudnya, biar korban percaya bahwa investasi itu didukung perusahaan kredibel,” katanya.

Dia menawarkan dua jenis investasi. Yaitu, GMC dengan setoran Rp 500 ribu–Rp 20 juta. Dalam program GMC itu, korban diiming-imingi beragam pilihan keuntungan. Salah satunya adalah investasi 100 persen profit selama 35 hari. Maksudnya, dalam waktu 35 hari, member mendapat keuntungan 100 persen dari uang yang disetorkan.

Ada juga arisan Rp 500 ribu. Setelah dua bulan, member mendapat laptop atau emas 10 gram. Selain itu, ada investasi Kokajang dengan modal Rp 1–10 juta. Member mendapat keuntungan 50 persen dalam tempo 18 hari. Jika menyetorkan uang di atas Rp 10 juta, keuntungan yang didapat 80 persen dari modal.

Mey juga menawarkan investasi jangka panjang. Yaitu, setor Rp 500 ribu pada Oktober 2014 menjadi Rp 1 juta pada Maret 2015. Ada juga program investasi mobil, Lebaran, dan tunjangan hari raya (THR). Member diminta membayar Rp 22 juta. Pada Juli 2015, uang investasi itu menjadi Rp 150 juta.

Program kedua, Big Owner GMC, Mey menawarkan keuntungan 4 persen per hari dari nilai setoran. Ada juga investasi dengan keuntungan 100 persen setiap bulan selama seumur hidup. Untuk program itu, member diharuskan menyetor Rp 20–60 juta. ”Ada korban yang membeli lebih dari satu program,” jelas Awi.

Tawaran tersebut membuat banyak korban terseret. Buktinya, untuk program GMC, ada 1.400 member yang menyetorkan uangnya. Sedangkan untuk program Big Owner GMC, ada 50 member. Menurut Awi, uang yang terkumpul dengan peserta sebanyak itu mencapai Rp 10 miliar.

Dalam beraksi, korban yang tertarik diharuskan mentransfer uang sesuai program yang dipilih ke rekening Mey. Untuk menggaet member lebih banyak, Mey mempekerjakan tiga staf administrasi di tiga kota. Yakni, di Pontianak, Kediri, dan Surabaya. ”Admin bertugas me-listing member dan mentransfer profit ke member yang jatuh tempo,” jelasnya.

SURABAYA - Praktik arisan online itu dimulai ketika bos investasi dan arisan Facebook awu-awu Mey Wulan Anggraini, 26, keluar dari sebuah perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News