Benarkah Ini Sinyal Jokowi Ingin Perkuat KPK?

Benarkah Ini Sinyal Jokowi Ingin Perkuat KPK?
Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif PolcoMM Institute‎, Heri Budianto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan membentuk tim independen yang terdiri dari sembilan orang. Tim ini dibentuk untuk menyelesaikan polemik KPK vs Polri

"Saya melihat dengan komposisi tim independen, Presiden Jokowi ingin KPK diperkuat dan tidak dilumpuhkan," ‎kata Heri dalam pesan singkat, Rabu (28/1).

Heri menjelaskan langkah Jokowi memperkuat KPK terlihat dari orang-orang yang ditunjuk menjadi Tim 9. Yakni Syafi'i Ma'arif, Jimly Asshiddiqqie, Hikmahanto Juwana, Erry Riyana Hardjapamekas, Tumpak Hatorangan Panggabean, Komjen (purn) Oegroseno, Jenderal (pun) Sutanto, Bambang Widodo Umar, dan Imam Prasodjo.

Dalam Tim 9, sambung Heri, memang ada dua jenderal polisi. Namun, mereka terlihat berbeda pandangan dengan Kepolisian, khususnya mengenai proses penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto.

"Pandangan dua jenderal polisi tersebut sedikit berseberangan khususnya soal penangkapan B‎W (Bambang Widjojanto) oleh Bareskrim," ujar Heri.

Heri mengungkapkan komposisi Tim 9 tidak disenangi kelompok yang memiliki kepentingan terkait persoalan KPK vs Polri. Bahkan, PDI Perjuangan sudah memberikan kritik kenapa tidak memanfaatkan wantimpres dalam menyelesaikan persoalan itu.

"Presiden Jokowi masuk dalam pusaran politik yang rumit, sehingga menggunakan tokoh-tokoh independen untuk melawan kekuatan politik," tandas Heri.‎(gil/jpnn)

 


JAKARTA - Direktur Eksekutif PolcoMM Institute‎, Heri Budianto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal memperkuat Komisi Pemberantasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News