Menurut Panglima, Inilah yang Membuat TNI Kuat

Menurut Panglima, Inilah yang Membuat TNI Kuat
Ilustrasi. FOTO: THOMAS KUKUH/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan, kekuatan seorang Panglima TNI berada di anak buahnya. Karenanya, kata dia, seorang pemimpin harus mampu merangkul kekuatan tersebut agar soliditas TNI tetap terjaga demi tegak dan utuhnya NKRI.

Hal itu dikatakan Panglima TNI saat memberikan pengarahan dihadapan 375 peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AL tahun 2015, di Graha Samudra Bumimoro, Surabaya.

Menurut Moeldoko, ada bermacam ragam gaya kepemimpinan, akan tetapi dari kesemuanya itu tidak ada gaya yang paling efektif selain gaya kepemimpinan demokrasi. Dimana gaya kepemimpinan itu kadang-kadang disebut juga gaya kepemimpinan yang terpusat pada anak buah (Employee Center), kepemimpinan dengan kesederajatan (Equilibrium), dan kepemimpinan konsultatif atau partisipatif.

Gaya kepemimpinan yang efektif tersebut dalam artian gaya kepemimpinan yang dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi dan kebutuhan bawahan yang dipimpinnya secara relatif. 

“Pemimpin yang hebat tumbuh bukan karena menegakkan peraturan yang keras, melainkan menebarkan pikiran dan semangat yang mengilhami pengikutnya untuk lebih baik," tegas Moeldoko. (fas/jpnn)


JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan, kekuatan seorang Panglima TNI berada di anak buahnya. Karenanya, kata dia, seorang pemimpin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News